Cara Membuat Soto Padang Tanpa Tetelan Khas Padang Panjang yang Bikin Lupa Diet

kompilasitutorial.com
~ makanan khas sumatera barat khususnya padang panjang yang tidak kalah enak dari daerah lain adalah soto padang. soto padang sangat berbeda dengan soto lainnya, karena soto padang ini di sajika dengan perkedel yang super enak dan daging yang di campurkan. kuah soto padang ini cenderung bening dengan toping berupa bihun dan daging sapi yang membuat soto ini menjadi lebih nikmat. soto padang ini tidak sulit untuk di temukan karena banyak warung makan yang menjajakan kuliner ini dengan harga 25 ribu perporsi. cara membuatnya juga sangat terbilang mudah karena hampir mirip dengan soto lainnya, anda juga bisa membuatnya di rumah sebagai sajian istimewa keluarga anda. untuk resepnya anda jangan khawatir, di bawah ini sudah kami uraikan resepnya jadi anda tinggal action. simak yuk resepnya

Resep soto padang yang gurih bikin lupa diet
Bahan-bahan:
-250 gr daging sapi has dalam
-1 bungkus bihun rendam dan tiriskan

Bahan perkedel kentang:
-3 buah kentang ukuran besar potong-potong
-2 siung bawang putih iris tipis
-3 siung bawang merah iris tipis
-1/2 sdt garam
-1/4 sdt merica bubuk
-1 buah telor kocok lepas, beri garam
1 btg daun seledri (optional)
-Secukupnya minyak goreng

-Bahan kuah soto dihaluskan:
-4 siung bawang putih
-8 siung bawang merah
-1 ruas jahe
-1 ruas lengkuas
-1 ruas kunyit
-2 batang serai geprek
-3 lembar daun jeruk
-1 lembar daun salam
-1 buah kembang lawang
-2 buah cengkeh
-3 buah kapulaga
-1 blok kaldu maigi rasa sapi
-1 sdm garam
-Secukupnya air untuk rebusan daging

Bahan toping:
-Daging goreng iris goreng
-Bawang merah goreng
-iris Daun seledri
-Sambal
-Kerupuk merah

cara membuat soto padang yang gurih dan nikmat bikin lupa diet:
-Cuci bersih daging, panaskan panci rebus. Rebus daging kurleb 30 mnt. Masukan cengkeh, bunga lawang, kapulaga. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan, setelah daging empuk angkat. Masukan daun salam, daun jeruk dan serai. Jangan lupa tambahkan garam dan kaldu blok. Masak sampai bumbu meresap dan tes rasa. Terakhir masukan irisan daun bawang.
-Angkat daging potong-potong dan iris tipis sesuai selera, goreng sampai kering. Daging iris sudah siap dijadikan toping soto.
-Untuk pergekel kentang. Potong dan bersihkan kentang. Goreng dengan minyak panas sampai 1/2 matang angkat dan goreng bawang putih dan merah sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Hancurkan kentang tambahkan bawang goreng, garam, merica. Aduk rata dan tes rasa. Cetak bulat dan pipihkan sesuai selera.
-Panaskan wajan goreng, kocok lepas telur dan tambahkan sedikit garam. Celupkan adonan pergedel yang telah dibentuk ke telur dan masukan keminyak goreng. Goreng sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
-Rendam bihun dengan air hangat dan aduk lalu tiriskan.
-Tata bihun, irisan daging, pergedel siram dengan kuah, taburi dengan kerupuk merah, daun seledri iris, bawang goreng dan sambal goreng.
-Siap disajikan selagi hangat

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share