Resep Praktis Membuat Gulai Asam Pedas Makanan khas Karimun

kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari karimun kepri yang satu ini pasti akan membuat lidah anda bergoyang dan perut keroncongan,nama kuliner ini adalah gulai asam pedas. gulai asam pedas merupakan makanan khas melayu yang biasanya menggunakan ikan tawar seperti ikan baung. kuliner ini bisa anda temukan dengan mudah di warung makan di karimun dan seluruh warung makan di nusantara. makanan khas ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan mudah untuk di buat. anda juga bisa untuk membuatnya sendiri di rumah meskipun anda tanpa keahlian memasak, untuk cara membuatnya sudah kami sediakan di bawah ini. berikut ini resep mudah membuat gulai asam pedas ikan baung khas karimun yang nikmat.

Resep gulai asam pedas khas karimun
bahan:
-750 g Ikan Baung Segar
-1 Sendok Makan Air jeruk nipis
-1 Sendok Teh Garam
-1 Lembar Daun Kunyit
-2 cm Lengkuas
-2 cm Jahe
-4 lebar Daun Jeruk
-2 buah Asam Kandis
-8 buah Tomat
-500 ml Air Matang
-2 sendok makan Minyak Goreng

Bumbu-bumbu:
-100 g Cabai Merah Digiling
-12 siung Bawang Putih
-5 Siung Bawang Putih

cara membuat gulai asam pedas:
-cuci terlebih dahulu daging ikan baung tersebut hingga benar-benar bersih. Lalu lumuri daging tersebut dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam. Tunggu hingga bumbu tersebut meresap kedalam daging sekitar 15 menitan.
-siapkan wajan untuk tumisan dengan minyak secukupnya, tumislah bumbu-bumbu halusan tadi hingga mengeluarkan aroma yang harum atau wangi. Setelah itu tambahkan kunyit, daun jeruk nipis, lengkuas, dan beberapa bahan yang masih tersisa. Masak hingga mendidih dan matang.
-masukan daging ikan baung yang sudah bersih tadi, dan tunggu hingga semua bumbu meresap secara sempurna.
-setelah matang, masukkan ke dalam wadah saji dan siap di santap 

baca juga : cara membuat mie siam kuning yang bikin ngiler

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share