Cara Membuat Kue Padamaran khas Muara Bungo Jambi

Kompilasitutorial.com
~ makanan dari muara bungo yang satu ini pastinya akan memikat lidah anda, makanan ini sangat enak dan bingung kangen. makanan ini adalah kue padamaran. kue padamaran merupakan kue tradisional khas muara bungo jambi yang terbuat dari tepung beras, gula merah yang di beri wadah takir yang terbuat dari daun pisang. kue ini biasanya di sajikan pada bulan puasa untuk menu berbuka puasa, kue ini mempunyai tekstur yang lembut seperti bubur sumsum. kue ini biasanya di sebut dengan kue kapal pecah atau kue perahu karena bentuknya seperti kapal atau perahu. untuk mendapatkan tekstur yang lembut, legit, dan enak maka sebaiknya menggunakan santan kelapa yang banyak. untuk pewarna anda bisa menggunakan pewarna makanan atau dengan daun pandan. daun pandan di blender atau tumbuk sampai halus kemudian saring dan diamkan. yang di gunakan adalah endapan air pandan. untuk cara membuatnya sangat mudah, untuk resepnya sudah kami sediakan di bawah ini. simak yuk resepnya

Cara membuat kue padamaran
Bahan:
-300 gram Tepung beras
-30 gram Tepung Terigu
-1900 ml Santan (dari 2 btr kelapa ukuran kecil)
-1 sdm Garam
-100 ml Air pandan (dari 35 lembar daun pandan yang di blender halus dan disaring, kemudian di diamkan sampai mendapatkan endapan sari pandan).
-1 sdt Pasta Pandan
-400 gram Gula merah / batok
-150 gram Gula pasir

Tips:
-Pilih daun pisang yang tua, agar wadah yang di buat keras/kokoh.
-Saat mengukus kue 10 menit pertama gunakan api besar agar tepung tidak mengendap sehingga membuat kue keras, dan sesekali dicek, karena kue akan mengembang naik cukup kecilkan saja apinya, untuk menit selanjutnya cukup pakai api sedang saja.
-Saat panas kue akan terlihat sangat lembek tetapi setelah dingin akan sedikit mengeras.
-Gunakan pandan sebagai pewarnanya agar menambah kenikmatan kue Padamaran, penggunaan pasta pandan agar warnanya terlihat lebih terang.

Langkah membuat kue padamaran:
-Layukan daun pisang, buat menjadi wadah/takir, sisir gula merah dan tambahkan gula pasir, aduk rata, masukkan gula tersebut 1/2 sendok makan ke dalam wadah / takir, sisihkan.
-Masukkan tepung terigu, tepung beras, garam, aduk rata, tambahkan 1 sendok teh pasta pandan.
-Panaskan air sampai mendidih, susun takir, masukan bahan tepung ke dalam takir, tutup kukusan, masak sekitar 30 menit. Angkat dan dinginkan, lakukan sampai bahan habis.
 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share