Cara Membuat Lempok Durian Makanan khas Muara Bungo Jambi

kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari muara bungo jambi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, makanan khas ini terbuat dari buah durian. nama makanan ini adalah lempok durian. lempok durian terbuat dari durian yang tekstur menyerupai dodol dengan cita rasa yang manis. cara memasak makanan khas ini sama seperti dodol yaitu di masak berjam-jam di atas kuali dengan di aduk agar tidak gosong saat di sangrai dengan api yang besar. untuk cara membuatnya bagi anda yang sudah sering membuat dodol maka sudah tidak asing lagi, bagi anda pemula anda bisa membuatnya dengan mudah yaitu anda harus mendapatkan satu kg durian yang di dapatkan sekitar 10 hingga 12 daging durian yang sudah matang pastinya. untuk cara membuatnya, anda bisa mengikuti resep yang sudah kami sediakan di bawah ini. caranya sangat mudah, namun anda harus sabar mengaduknya dengan hati yang senang. untuk resepnya anda bisa mengikutinya di bawah ini
cara membuat lempok durian khas muara bungo
Bahan :
-4-5 kg durian masak, ambil dagingnya
-1 kg gula Pasir
-1-2 sdt garam

Cara membuat lempok durian :
-Campur gula dan garam dengan daging buah durian.
-Panaskan wajan/ kuali besar, masukkan daging durian. Masak di atas api sedang, aduk-aduk hingga mendidih serta garam dan gula larut merata. Aduk terus hingga tidak lengket dan berwarna coklat pekat. Angkat, siap dikemas atau buat dikonsumsi sendiri.

Tips :
-Proses memasak lempok biasanya menggunakan tungku yang dibuat dari drum bekas dibagi dua (setengah bagian drum) kemudian dibuat lubang kayu.
-Lama pengadukan hingga 3-4 jam.
-Lempok dapat dikemas dalam plastik dan siap untuk dijual atau buat dikonsumsi sendiri juga boleh.
-Biji durian jangan dibuang, bisa dicoba membuat Keripik Biji Durian

baca juga : cara membuat kue padamaran yang manis dan legit

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share