Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Keripik Pare Makanan khas OKU Timur Renyah dan Tidak Pahit | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Jika anda sedang berlibur untuk pulang kampung atau sedang berkunjung di ogan komering ulu timur wajib mencoba kuliner yang satu ini. mendengar dari bahan utamanya mungkin yang terbayangkan di benak anda adalah cita rasanya. bahan utamanya terkenal dengan cita rasa yang pahit dan banyak orang pasti tidak menyukai sayuran ini. bahan utama untuk membuat kuliner ini adalah pare. sayuran pare memang sudah terkenal dengan cita rasa yang sangat pahit, tidak di pungkiri jika banyak orang tidak menyukai sayuran ini dan bagi orang yang tau akan khasiat dari sayuran ini pasti akan menyukai sayuran pare ini.

Sayuran pare bisa di olah untuk berbagai macam olahan yang pastiny akan membuat anda tidak akan berhenti untuk menyantap sayuran pare ini meskipun anda tidak menyukai sayuran pare ini. biasanya pare di makan langsung atau di makan untuk lalapan dengan di padukan yang namanya sambal mentah jika anda berada di daerah OKU sambal ini di namakan sambal jok jok yang resepnya sudah kami sediakan pula. selain di makan sebagai lalapan, sayuran pare ini biasanya di masak dengan cara di oseng untuk lauk dengan di padukan nasi putih yang hangat dan pastinya ada ikan teri untuk menambah cita rasa yang akan membuat pare ini menjadi gurih dan nikmat.

Jika anda sedang berada di OKU Timur anda akan menemukan sajian yang berbeda dari sayuran pare ini yang sudah terkenal dengan cita rasa yang pahit, nama kuliner ini adalah keripik pare. keripik pare bisa anda jumpai di daerah Ogan Komering Ulu, kuliner ini memang kedengarannya aneh di karenakan sayuran pare mempunyai cita rasa yang pahit, namun jika sudah di olah menjadi keripik pare akan membalikkan lidah anda 360 derajat. yang dulunya anda tidak suka dengan sayuran pare yang rasanya pahit, sekarang anda bisa menghabiskan 1 kg pare dalam sekejap. untuk membuat keripik pare khas OKU Timur sudah kami sajikan resepnya di bawah ini jadi anda tidak perlu repot lagi untuk mencari resepnya.

Resep Keripik Pare khas OKU Timur
Bahan:
-1 kg pare mentah
-1 butir telur ayam
-2 sdm garam
-300 gr tepung beras
-100 gr tepung tapioka
-minyak goreng secukupnya

Bumbu:
-1 sdt bubuk bawang putih
-1 sdt kaldu bubuk
-1/2 sdt garam
-Air mendidih secukupnya
-Air es secukupnya

cara membuat keripik pare:
-Potong ujung-ujung pare, potong jadi dua, lalu keluarkan isinya. Iris tipis pare usahakan ketebalannya sama. 
-Campurkan pare dengan 2 sdm garam. Tak perlu diremas agar bentuk pare tidak hancur. Diamkan selama 20 menit.
-Cuci bersih pare, kemudian peras. Ulangi beberapa kali agar rasa pahit berkurang atau hilang. Peras hingga airnya benar-benar tiris.
-Rebus air secukupnya, masukkan pare yang sudah dicuci hingga terendam seluruhnya dalam air panas. Biarkan 3 menit, lalu tiriskan.
-Masukkan pare ke dalam baskom berisi air es. Setelah hilang panasnya, peras lagi pare hingga benar-benar kering.
-Campurkan tepung beras, tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk dan garam, aduk hingga rata. 
-Kocok telur lepas, beri garam, kocok lagi. Tuang ke dalam pare, aduk rata.
-Masukkan pare ke dalam tepung, ratakan dan pisahkan satu per satu. 
-Panaskan minyak, ayak pare dari tepung yang berlebihan. Goreng pare hingga matang krispi renyah dan kecokelatan. 
-Angkat dan tiriskan di nampah yang sudah dialasi kertas koran atau minya agar minyaknya bisa berkurang.
-Jika sudah tidak panas, simpan di dalam wadah stoples tertutup agar tetap renyah

Nah itu tadi resep membuat keripik pare khas ogan komering ulu timur yang renyah, gurih, tidak pahit serta tahan lama. kini anda bisa membuatnya di rumah jadi anda bisa mengobati kangen akan kampung halaman jika sudah lama tidak mudik. selamat mencoba, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk follow agar anda tidak ketinggalan dengan informasi resep masakan terbarunya serta share resep makanan ini

Post a Comment for "Resep Keripik Pare Makanan khas OKU Timur Renyah dan Tidak Pahit | Kompilasitutorial.com"

close