Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Pedeh / Rusip / Pede | Cara Membuat Pedeh khas Musi Banyuasin | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Makanan khas dari Musi Banyuasin yang mempunyai ibu kota sekayu ini pasti tidak asing lagi di telinga para pecintanya , apalagi jika anda adalah masyrakat asli dari sekayu. makanan khas ini mempunyai bahan dasar dari ikan air tawar, dan ikan yang sering di pakai adalah ikan sepat. ikan sepat ini biasanya kurang di minati di karenakan dagingnya yang kurang dan banyak sisiknya, namun tidak bagi masyarakat musi banyuasin ini. ikan sepat di sulap menjadi makanan khas yang pastinya akan menggugah selera makan anda.

Nama kuliner dari musi banyuasin yang satu ini adalah pedeh atau rusip, bahkan sebagian menyebutnya dengan nama pede. pede ini mempunyai bahan dasar dari ikan air tawar, biasanya dari ikan sepat namun bisa di ganti dengan ikan lainnya seperti ikan patin, ikan seluang dan lain sebagainya. untuk cita rasanya sungguh sangat nikmat, jika anda baru sekali mencicipi kuliner ini maka anda akan merasakan aneh di lidah anda. namun jika anda sering menikmati kuliner ini, di jamin anda pasti ketagihan di buatnya.

untuk membuat pedeh sendiri sangat mudah, anda hanya mencari ikan air tawar yang harganya relatif murah di karenakan di musi banyuasin gudangnya ikan air tawar. untuk membuat pedeh atau rusip dan biasanya masyarakat menyebutnya pede, kompilasitutorial.com sudah menyiapkan resep cara membuat rusip atau pedeh atau pede, untuk resep pedeh bisa anda simak di bawah ini

Resep Pedeh
-Siapkan Ikan Patin/ ikan air tawar lainnya yang masih segar dan bersihkan lalu potong beberapa bagian, Bisa juga diganti dengan ikan Seluang atau ikan lain sesuai yang diinginkan asal ikanya masih segar.
-Siapkan juga Serbuk Pede yang terbuat dari nasi yang sudah dikeringkan lalu disangrai sampai berwarna agak kuning lalu haluskan.
-Garam secukupnya.
-Gula Merah secukupnya.
-Campur semua bahan menjadi satu lalu diamkan selama beberapa hari di dalam toples, kurang lebih tiga hari sudah bisa dimasak.

Bahan / Bumbu:
-Siapkan Pede yang sudah siap dimasak
-Bawang Putih secukupnya
-Bawang Merah secukupnya
-Cabe rawit sesuai selera
-Gula Pasir secukupnya
-Penyedap rasa, bila suka
-Minyak Goreng untuk menumis

Cara Memasak Pedeh:
-Iris Bawang Putih, Bawang Merah, Cabe Rawit, lalu tumis
-Masukkan Pede 
-Tambahkan gula secukupnya
-Tambahkan penyedap rasa secukupnya
-Sisihkan jika sudah matang, pede pun siap disajikan

Nah cara di atas adalah cara membuat pedeh yang mempunyai bahan dasar dari ikan patin, anda bisa menggunakan jenis ikan air tawar lainnya. untuk cara membuat pedeh sama dan tidak ada perubahan kecuali anda membuatnya dalam porsi yang banyak. kini anda bisa membuatnya untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba

Post a Comment for "Resep Pedeh / Rusip / Pede | Cara Membuat Pedeh khas Musi Banyuasin | Kompilasitutorial.com"

close