Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Otak Otak khas Palembang | Cara Membuat Otak Otak Bakar khas Palembang | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Makanan khas dari Palembang yang satu ini pasti akan membuat lidah anda untuk segera menyantapnya. makanan ini sangat nikmat untuk camilan dan untuk lauk, apalagi jika di nikmati dengan cuka merah dijamin akan membuat cita rasanya yang semakin nikmat seakan membuat anda melayang ke angkasa.

makanan khas ini cukup terkenal sampai seindonesia selain pempek. nama makanan ini adalah otak otak palembang. otak otak palembang ini terbuat dari ikan tengiri yang di masak dengan cara di panggang dengan di bungkus daun pisang yang akan membuat cita rasanya tambah sangat sedap dan nikmat.

untuk cara membuat otak otak palembang ini sangat mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. untuk resep membuat otak otak khas palembang ini bisa anda ikuti resep di bawah ini 

Resep otak otak Palembang
Bahan:
-500 gr ikan tenggiri
-150 gr tepung sagu/tapioka
-350 ml santan kental (dinginkan di dalam kulkas)
-2 batang daun bawang, iris tipis
-1 butir telur

Bumbu halus:
-2 siung bawang putih
-8 siung bawang merah
-1 sdt ketumbar
-2 sdt garam
-2 sdt kaldu jamur
-3 sdt gula pasir
-1/2 sdt lada bubuk

Bahan pembungkus:
-daun pisang dan lidi secukupnya

Cuka merah:
-150 ml air
-5 buah cabai merah
-10 siung bawang putih
-2 sdm tauco
-1 sdm cuka
-gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:
-Campurkan ikan tenggiri yang sudah dihancurkan dengan santan dingin.
-Masukkan telur, daun bawang dan bumbu halus. Aduk rata. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai merata.
-Ambil daun pisang secukupnya, isi dengan adonan secukupnya. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan hingga adonan habis.
-Panaskan panggangan, bisa juga menggunakan teflon jika tak memiliki alat pemanggang. Panggang otak-otak bolak-balik hingga adonan mengembang dan terasa kenyal. Jika daun pisang sudah mulai agak gosong dan aromanya sedap, angkat.
-Untuk cuka merah, haluskan bawang dan cabai, rebus dengan air beserta semua bahan lain. Masak hingga mendidih dan matang. Angkat.

Post a Comment for "Resep Otak Otak khas Palembang | Cara Membuat Otak Otak Bakar khas Palembang | Kompilasitutorial.com "

close