Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Burgo | Cara Membuat Burgo khas Lubuk Linggau | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Makanan khas dari lubuk Linggau sumatera selatan ini pastinya akan membuat anda merasa ingin menikmati secara terus menerus. makanan ini terbuat dari tepung yang akan membuat perut anda terasa kenyang karena mengandung karbohidrat. nama makanan ini adalah burgo

Burgo ini mempunyai tekstur yang kenyal, jika di masukkan ke dalam mulut maka akan terasa kekenyalannya. jika anda sudah memakan burgo ini, maka lidah anda akan tergoyang. untuk mendapatkan burgo, anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. untuk harga burgo ini berkisar 25 ribuan saja dan bisa anda dapatkan di kedai yang ada.

Jika anda menikmatinya, anda akan merasakan rasa yang menggoda dari santan dan bisa anda tambahkan sambal agar mempunyai cita rasa yang lebih menggoda. jika anda mempunyai gejala penyakit lambung seperti maag, asam lambung jangan pernah mencoba makanan ini karena makanan ini mempunyai cita rasa yang sedikit asam dan pedas.

Untuk cara membuat burgo khas lubuk linggau, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. untuk resepnya bisa anda simak di bawah ini

Cara membuat burgo khas Lubuk Linggau
Bahan-bahan:
-150 gr tepung beras
-30 gr tepung tapioka
-1/4 sdt garam
-150 ml air mendidih
-250 ml air

Bahan kuah:
-150 gr ikan gabus
-250 ml santan
-2 lembar daun salam
-1 batang serai, memarkan
-1 cm lengkuas, memarkan
-secukupnya gula pasir
-50 ml air
-secukupnya minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
-4 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-1 sdt ketumbar
-1 cm jahe
-2 butir kemiri
-secukupnya garam

Bahan pelengkap:
-secukupnya bawang goreng

Bahan sambal:
-5 buah cabe merah keriting
-10 buah cabe rawit merah
-secukupnya air

Langkah membuat burgo:
-Dalam wadah campur tepung beras, tepung tapioka dan garam. Tuang air biasa, aduk rata. Setelah itu tuang air mendidih, aduk rata sampai tidak ada tepung yang bergerindil.
-Tuang adonan kedalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng terlebih dahulu.
-Masukkan loyang kedalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus dengan api sedang hingga matang.
-Setelah matang, keluarkan dari loyang lalu gulung, sisihkan.
-Rebus cabe merah keriting dan cabe rawit merah hingga matang. Angkat lalu haluskan. Taruh dalam mangkok dan tambahkan sedikit air, aduk rata dan sisihkan.
-Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi beserta dengan serai, daun salam dan lengkuas hingga harum. Kemudian masukkan air, santan, ikan gabus dan gula pasir. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih. Angkat.
-Potong-potong gulungan tepung beras tadi, kemudian tata diatas mangkok dan siram atasnya dengan kuahnya tadi. Taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan bersama dengan sambelnya.

Post a Comment for "Resep Burgo | Cara Membuat Burgo khas Lubuk Linggau | Kompilasitutorial.com"

close