TAHU MASAK KHAS CILACAP | CARA MEMBUAT TAHU MASAK KHAS CILACAP | RESEP MEMBUAT TAHU MASAK KHAS CILACAP

TAHU MASAK KHAS CILACAP



Cilacap merupakan kota ada di Provinsi Jawa Tengah, kota ini selalu ramai pengunjung atau wisatawan pada hari libur nasional, khususnya pada saat hari libur Lebaran Idul Fitri. Pasalnya, banyak orang atau penduduk asli kabupaten Cilacap pulang dari kota perantuan mereka. Meskipun Anda tidak berasal dari Cilacap, tak ada larangan untuk datang ke kota ini, walau hanya sekedar untuk mengisi waktu liburan saja.

Di sekeliling kota Cilacap lebih didominasi oleh kawasan pantai, sehingga ada banyak sekali wisata alam yang mempesona di kota ini. Jadi bukan menjadi sesuatu yang mengherankan, apabila Anda membidik Cilacap sebagai kota tujuan traveling berikutnya. Sembari menikmati wisata alam yang ada, apa salahnya jika Anda juga turut menikmati aneka kuliner khas yang ada di sana. 

Saat berada di Cilacap, Anda wajib untuk mencari dan mencoba kuliner tahu masak ini. Kuliner berupa hidangan menu tahu masak ini bisa Anda temukan di seluruh pasar tradisional Kabupaten Cilacap. Namanya memang tahu masak, yakni tahu yang digoreng matang dengan sedikit minyak, kemudian dicampurkan dengan ketupat, irisan kubis, kerupuk bangga dan dibumbu dengan sambal kacang yang nikmat. Dijamin deh, kehadiran tahu masak khas Cilacap ini mampu menuntaskan rasa lapar Anda.

Cara Membuat Tahu Masak Khas Cilacap

Bahan-bahan:
-6 buah Tahu yg besar2 kemudian potong dadu goreng 1/2 matang
-1/4 kg Toge , masak sebentar dan tiriskan
-1 kg Kobis , iris tipis2 kemudian masak sebentar lalu tiriskan
-1 genggam Kerupuk merah, goreng lalu remukkan kasar
-1/4 kg Kacang tanah dan goreng
-6 siung Asem jawa secukupnya
-Gula Merah sesuai selera
-Cabe Rawit di rebus tambahkan sesuai selera
-2 siung Bawang Putih, rebus
-6 siung Bawang Merah, iris tipis dan goreng, buat taburan
-1 batang Daun Sledri, iris tipis lembut (sisihkan)
-secukupnya Kecap Manis
-3 sdm Minyak Goreng 

Langkah-langkah:
-Buat bumbu halusnya dulu
Cabe rawit, bawang putih, gula merah, kacang tanah yang sudah di goreng di ulek. Enaknya di ulek jangan di blender
-Buat air asem 1,5 gelas  
-Ambil wadah mangkok besar, masukkan bumbu halus tadi, dan siram dengan air asem serta kecap.Rasa asin itu akan berbaur dengan kecap. Setelah itu aduk dan taburi daun sledri serta bawang goreng dan 3 sendok makan minyak bekas menggoreng
-Siapkan piring, tata kobis seckpnya, toge secukupnya, tahu dadu gorengnya serta atasnya kerupuk merah. Kemudian siram dengan air bumbu tadi yang sudah di buat secukupnya
-selamat menikmati
  
selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share