Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GARANG ASEM MAKANAN KHAS PEKALONGAN | CARA MEMBUAT GARANG ASEM KHAS PEKALONGAN | RESEP GARANG ASEM KHAS PEKALONGAN JAWA TENGAH

Garang asem merupakan resep makanan khas dari  Jawa Tengah. Makanan ini sudah sangat familiar bagi masyarkat terutama orang Jawa. Banyak sekali variasi dari masakan ini seperti  resep garang asem daging, garang asem ayam, garang asem ayam bening, dan masih banyak lagi. Selain variasi dari bahannya, masakan ini juga memiliki khas yang berbeda-beda di setiap daerah di Jawa Tengah.

Garang asem menjadi salah satu makanan yang banyak di gemari oleh orang jawa karena cita rasa nya sangat cocok untuk lidah orang jawa

Garang asem ternyata cara membuatnya gampang banget, kalian tinggal menyiapkan bumbu dengan dipotong-potong. Cara masaknya juga tak pakai minyak jadi pasti sehat.

Bahan:
-500 gr ayam kampung/pejantan
-250 ml santan
-8 buah cabai rawit hijau
-5 siung bawang merah
-2 siung bawang putih
-2 lbr daun salam
-1 btg serai
-1 ruas lengkuas
-1 ruas jahe
-5 buah belimbing wuluh
-1 buah tomat merah
-Garam
-Lada

Cara Membuat:
1. Cuci dan potong-potong ayam, marinasi ayam dengan garam dan lada
2. Iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, jahe, lengkuas, cabai rawit dan tomat. Geprek serai.
3. Kukus ayam dengan daun pisang bersama dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, salam, cabai rawit, jahe, lengkuas, serai, tomat dan santan selama 1 sampai 1 setengah jam.
4. Buka kukusan, lalu sajikan Garang Asam Ayam dengan nasi panas

SELAMAT MENCOBA



Post a Comment for "GARANG ASEM MAKANAN KHAS PEKALONGAN | CARA MEMBUAT GARANG ASEM KHAS PEKALONGAN | RESEP GARANG ASEM KHAS PEKALONGAN JAWA TENGAH"

close