ES GEMPOL PLERET MAKANAN KHAS SUKOHARJO | RESEP ES GEMPOL PLERET SUKOHARJO | CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET KHAS SUKOHARJO

Kabupaten Sukoharjo merupakan daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Berada di sebelah selatan Kota Solo, dan dulunya merupakan salah satu wilayah dari karesidenan Surakarta. Kabupaten yang memiliki slogan “Sukoharjo Makmur” dan dipimpin oleh Bupati Wardoyo Wijaya ini, mempunyai banyak tempat kuliner yang tak kalah enaknya dengan kuliner-kuliner di kota lain. Ini dia makanan-makanan khas Sukoharjo yang bikin kamu ketagihan.

Gempol pleret merupakan minuman khas Sukoharjo yang berbahan dasar tepung beras yang dibuat bulat-bulat, disajikan dengan menambah gula aren/kelapa dan es batu yang akan menambah rasa segar. Gempol pleret banyak dijual di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban. Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Karena ini dibuat sendiri, kita bisa ikut merasakan jajanan kota Solo, membuatnya dengan beberapa warna sehingga membuat es gempol menjadi tambah menarik, cocok sebagai menu takjil dan berbuka puasa di rumah.Es gempol sendiri artinya adonan tepung yang dibentuk dan diberi warna. Penjual es gempol di Solo juga semakin berkurang.
Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk membuatnya silahkan ikuti langkah di bawah ini

Bahan:
-150 gr tepung beras 
-30 gr tepung tapioka 
-150 ml air panas 
-1 sdm  gula pasir 
-1/2sdt garam 
-pewarna makanan sesuai selera

Kuah:
-600 ml santan 
-150 gr  gula pasir 
-2 lembar pandan 
-1/4 sdt garam 
-100 ml susu kental manis
-Es batu (secukupnya)

Cara membuat :
1. Campur tepung beras, tapioka, gula dan garam, Aduk rata.
2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit, aduk rata dan uleni hingga kalis. Bila dirasa sudah kalis, hentikan menuang airnya. Bagi adonan lalu beri warna masing-masing.
3. Bentuk bulat kecil, lalu pipih dan tekan bagian tengahnya. Siapkan rebusan air, masukkan adonan saat air sudah mendidih. Tunggu hingga gempol mengembang dan mengapung.
4. Angkat tiriskan lalu masukkan ke air es agar gempol tidak saling menempel.
5. Membuat kuah: Rebus santan, gula putih, daun pandan yang sudah disimpul, dan garam, aduk rata.
6. Setelah gula larut, masukan susu kental manis, tunggu hingga mendidih, dinginkan.
7. Siapkan gelas saji, masukan gempol, es batu, dan tuang kuah santan.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share