ALAKATAK MAKANAN KHAS SUKOHARJO | RESEP ALAKATAK SUKOHARJO JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT ALAKATAK KHAS SUKOHARJO JAWA TENGAH

Kabupaten Sukoharjo, merupakan daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Berada di sebelah selatan Kota Solo, dan dulunya merupakan salah satu wilayah dari karesidenan Surakarta. Kabupaten yang memiliki slogan “Sukoharjo Makmur” dan dipimpin oleh Bupati Wardoyo Wijaya ini, mempunyai banyak tempat kuliner yang tak kalah enaknya dengan kuliner-kuliner di kota lain. Ini dia makanan-makanan khas Sukoharjo yang bikin kamu ketagihan.

 Nama penganan tradisional ini terdengar asing di telinga masyarakat Sukoharjo. Sebenarnya, alakathak adalah kuliner dari Kecamatan Weru. Alakathak terbuat dari tempe berbahan koro benguk dan mie yang dibuat dari tepung kanji. Kedua bahan itu dibungkus dengan daun jati yang masih hijau. Alakathak dijual di pasar-pasar tradional di Weru dan sekitarnya. Alakathak sangat enak dimakan bersama cabai. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk membuatnya silahkan ikuti langkah di bawah ini

Bahan-Bahan :
·  Tempe
·  Koro benguk
·  Mie
·  Tepung kanji
·  Santan
·  Daun jati

Bumbu halus :
·  Kunir
·  Parutan kelapa
·  Tumbar
·  Kemiri
·  Daun salam
·  Daun jeruk
·  Laos

Cara membuat :
1.      Pertama koro benguk direbus hingga matang lalu direndam selama tiga hari. Setelah itu benguk dikukus beberapa lama.
2.      Selanjutnya benguk ditumbuk hingga halus.
3.      Setelah halus dibungkus menggunakan daun jati atau daun pisang dengan ukuran kecil-kecil dibiarkan satu hari.
4.      Selanjutnya masak santan dan bumbu halus seperti, kunir, parutan kelapa, tumbar, kemiri, daun salam, daun jeruk, dan laos.
5.      Setelah mendidih masukan tempe , 15 menit kemudian angkat.

Cara membuat mie :
1.      Pertama tepung kanji dibikin adonan menggunakan air mendidih.
2.      Lalu adonan dibuat pipih menggunakan botol atau paralon. Selanjutnya dirajang memanjang dengan lebar sekitar 1 cm.
3.      Hasil rajangan lalu direbus hingga mengapung. Setelah itu ditiriskan dan diberi minyak.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share