KUE SAGON MAKANAN KHAS WONOSOBO | RESEP KUE SAGON GURIH DAN NIKMAT ASLI WONOSOBO | CARA MEMBUAT KUE SAGON KHAS WONOSOBO JAWA TENGAH

Kue Sagon-Hidangan aneka kue biasanya selalu identik dengan hari raya lebaran dan perayaan-perayaan lainnya. Salah satu kue yang seringkali kita jumpai sewaktu lebaran adalah kue sagon. Kue sagon adalah kue kering dari olahan tepung beras ketan yang diberikan dengan campuran kelapa. Kue sagon termasuk kedalam jenis makanan ringan yang lezat dan aman dikonsumsi. Kue sagon memiliki cita rasa yang manis, gurih dan renyah sewaktu digigit. Apalagi citra manis dan harum dari kelapa membuat kue sagon tak pernah kehabisan pecintanya.
makanan tradisional khas Wonosobo ini terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa dan gula. Dimasak dengan cara dibakar diatas bara kayu bakar atau arang, wanginya semakin menjadi untuk mengundang selera siapapun yang menciumnya.

Tak hanya bagian bawahnya yang dipanaskan di atas arang. Arang yang panas juga diletakkan di atas piring tahan panas. Piring tersebut kemudian diletakkan di bagian atas loyang kue sagon. Fungsinya untuk memanaskan bagian atas.
Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep kue sagon asli wonosobo yang gurih
Bahan-Bahan:
-tepung ketan 150 gram
-kelapa parut 500 gram
-margarin 50 gram
-gula pasir 100 gram
-vanila bubuk 1/2 sdt
-air 60 ml
-garam 1/2 sdt

Cara Membuat Kue Sagon
1. Langkah pertama, sangrai terlebih dahulu tepung ketan selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan api sedang. 
2. Selanjutnya, parut kelapa kemudian sangrai juga kelapa yang baru saja diparut hingga kering, setelah kering sisihkan terlebih dahulu. 
3. Campurkan kelapa parut kering dengan tepung ketan, garam, gula pasir, vanila, air serta margarin kemudian aduk hingga merata. 
4. Lalu siapkan cetakan kue sagon dengan bentuk sesuai dengan selera, Kemudian panggang kue sagon dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 160 derajat selama kurang lebih 15 hingga 20 menit atau hingga matang. Setelah matang angkat, dinginkan dan sajikan.
5. Kue sagon siap di hidangkan

Demikianlah cara membuat kue sagon yang nikmat dan gurih, tetap stanby di sini agar anda bisa membuat makanan khas dari nusantara tercinta ini. Selamat mencoba 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share