TIWUL MAKANAN KHAS GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA | CARA MEMBUAT NASI TIWUL KHAS GUNUNG KIDUL | RESEP NASI TIWUL KHAS JOGJA

Kita semua tahu bahwa salah satu kabupaten di Yogyakarta ini terkenal akan makanan khasnya yaitu Tiwul. Tiwul gunungkidul ini Terbuat dari tepung gaplek, yaitu ketela yang dikeringkan. Tiwul merupakan makanan khas yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Makanan yang dahulu sempat diidentikan dengan kemiskinan, Namun sekarang mampu menembus batas gengsi. Tiwul bukan lagi sekedar makanan pengganti nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak dicari. Keunggulan Tiwul ini ada pada rasanya yang manis dan gurih. di dalam tiwul juga dapat dirasakan aroma gula merah yang berpadu dengan kelapa parut. Cara mengolah ketela menjadi tiwul cukup yaitu ketela pohon dikupas, dijemur sampai kering/ menjadi gaplek. Kemudian gaplek tersebut dihaluskan hingga menjadi tepung. dan di olah menjadi tiwul. Di jaman penjajahan dulu, nasi itu termasuk makanan yang mewah. Rakyat kecil cuma bisa menikmati makanan dengan bahan dasar singkong, salah satunya adalah tiwul.Di beberapa daerah masih ada juga yang makanannya tiwul, contohnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi nggak semuanya juga mengonsumsi tiwul, hanya beberapa aja yang masih makan makanan berbahan dasar singkong ini. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli gunugn kidul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep membuat tiwul
Bahan-bahan:
-350 gram singkong yang sudah dikeringkan
-150 gram Gula merah
-200 gram kelapa parut
-2 lembar daun pandan yang panjangnya sekitar 20 cm, diikat simpul
-1 Lembar daun pisang
-350 ml gelas air
-Garam secukupnya

Cara Memasak:
-Singkong yang sudah dikeringkan (gaplek) ditumbuk sampai jadi seperti tepung, kemudian percikkan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai didapatkan butiran kecil-kecil. Sisihkan dahulu, karena ini merupakan bahan utamanya.
-Panaskan dandang atau kukusan, jangan lupa alasi dengan menggunakan daun pisang.
-Masukkan butiran kecil singkong tadi ke dalam dandang.
-Tambah gula merah yang sudah diserut di atas gaplek, harus rata ya, tapi nggak semua kena gula merahnya juga nggak apa-apa, lalu kukus selama kurang lebih 1 jam, kemudian angkat.
-Setelah itu kukus kelapa parut bersama dengan daun pandan dan tambakan garam secukupnya, selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat angkat.
-Nasi tiwul siap disajikan bersama dengan kelapa parut.

Demikian cara mudah membuat tiwul khas gunung kidul dan nantikan resep selanjutnya yang pastinya resep masakan nusantara. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share