GATOT MAKANAN KHAS GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA | RESEP GATOT KHAS GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA | CARA MEMBUAT GATOT KHAS GUNUNG KIDUL

Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun.Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, cocok untuk pengidap alergi gluten.
Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:
-Kalori 121 kal
-Air 62,50 gram
-Fosfor 40,00 gram
-Karbohidrat 34,00 gram
-Kalsium 33,00 miligram
-Vitamin C 30,00 miligram
-Protein 1,20 gram
-Besi 0,70 miligram
-Lemak 0,30 gram
-Vitamin B1 0,01 miligram
Di sini saya akan memberikan salah satu resep masakan dari gunung kidul jogjakarta yaitu Gatot yang bahan dasarnya dari singkong.
Gatot ini merupakan makanan ringan gunung kidul. Gatot merupakan makanan yang terbuat dari gaplek (ketela/singkong yang dikeringkan) sama dengan tiwul.  Gatot ini ada campurannya parutan kelapa yang di tambahi dengan sedikit garam dan gula. Jadi pembuatannya berbeda dengan tiwul walaupun bahannya sama.Ketela yang telah dikupas kemudian dijemur untuk dikeringkan sehingga menjadi gaplek. Namun untuk membuat gatot yang istimewa,  gaplek yang dipakaimerupakan gatot yang berkualitas, Cara pembuatan gatot ini sangat sederhana. Gatot yang sudah kering direndam selama 12 jam (semalam). Kemudian setelah dicuci bersih, gaplek dipotong kecil-kecil sesuai ukuran gatot, kemudian ditanak/dikukus selama sekitar 2 jam. Setelah masak, gatot ditempatkan di suatu wadah yang lebar biar cepat dingin. Dalam penyajian gatot ditaburi dengan parutan kelapa ditambah sedikit gula dan garam. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli gunugn kidul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep membuat gatot gunung kidul
Bahan-bahan:
-Gaplek hitam 500 gram
-Kelapa ½ butir, diparut
-Garam secukupnya
-Gula sesuai selera

Cara membuat Gatot Gunungkidul:
-Sebelum diolah, rendam gaplek kering dalam air selama sehari semalam.
-Ketika teksturnya mulai lunak terlihat kenyal, angkat lalu iris tipis sekitar ½ cm.
-Kukus selama 30 menit hingga matang.
-Tata gatot di atas daun pisang lalu beri taburan kelapa parut, garam dan gula sesuai selera.
-Gatot siap dihidangkan

Demikian cara mudah membuat gatot khas gunung kidul dan nantikan resep selanjutnya. selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share