SEGO / NASI ABANG SAYUR LOMBOK IJO KHAS GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA | RESEP SEGO ABANG JIRAK KHAS JOGJA | CARA MEMBUAT SEGO ABANG SAYUR LOMBOK IJO KHAS JOGJA

Sego abang sayur lombok ijo ini adalah sebuah masakan yang sangat populer di daerah Yogyakarta. Kenapa disebut sego abang sebab memasaknya menggunakan nasi beras merah. Beras merah ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet. Namun meskipun anda tidak sedang menjalankan diet, anda juga bisa mengkonsumsi beras merah ini.Sego Abang Jirak memiliki gizi yang tinggi.Dengan bahan dasar beras merah yang tercatat memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding dengan beras putih yang dominan karbohidratnya, Selain itu, beras merah dihasilkan dari ladang sawah gogo yang tidak menggunakan produk pupuk kimia maupun pestisida. Oleh karena itu, bagi penggemar masakan organik, sego abang bisa menjadi pilihan utama, Biasanya sego abang ini di sajikan dengan sayur lombok ijo yang istimewa. Biasanya masakan sego abang sayur lombok ijo ini di jual di warung-warung yang ada di daerah Yogya sana. Harganya yang ekonomis membuat masakan ini banyak yang menggemarinya. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli gunugn kidul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

RESEP SEGO ABANG SAYUR LOMBOK IJO
Bahan Sego Abang :
- 500 gr beras merah

Bahan Sayur Lombok Ijo :
- 500 ml santan encer
- 250 gr tempe, dipotong kecil
- 200 gr kacang panjang, dipotong kecil
- 100 ml santan kental
- 10 buah cabe ijo, iris serong
- 5 butir kemiri, haluskan
- 2 sendok makan bawang merah iris
- 1 sendok makan bawang putih iris
- 1 sendok teh terasi
- 1 iris lengkuas
- 1 lembar daun salam
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Sego Abang Sayur Lombok Ijo :
- Rebus santan encer dengan tempe lalu masukkan bawang merah, bawang putih, terasi, lengkuas, daun salam, kemiri, garam dan gula pasir hingga mendidih.
- Masukkan kacang panjang kemudian masak sebentar lalu masukkan santan kental dan aduk rata.
- Setelah mendidih, masukkan cabe ijo, masak sebentar dan angkat.
- Sajikan masakan sego abang sayur Lombok ijo ini beserta pelengkap seperti empal goreng, jeroan goreng dan tempe goreng.
- Siap di sajikan

Demikian cara mudah membuat sego / nasi abang sayur lobok ijo khas gunung kidul yogyakarta. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share