BELALANG / WALANG GORENG KHAS GUNUNG KIDUL | RESEP MEMBUAT WALANG GORENG GUNUNG KIDUL | CARA MEMBUAT BELALANG GORENG GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Walang Goreng atau Belalang Goreng ini juga termasuk salah satu menu makanan ektrim di Gunungkidul. Sekarang ini banyak sekali orang yang menjajakan belalang goreng di pinggir jalan. Kalian bisa mencicipinya namun jika kalian tidak kuat memakan walang goreng ini maka tubuh anda akan merasakan gatal-gatal.Resep olahan belalang ini paling enak memang digoreng kriuk dengan variasi aneka bumbu dengan aneka rasa gurih, asam, manis, dan pedas atau sesuai selera Anda, misalnya belalang goreng tepung, sambal belalang goreng, belalang goreng terbang dimasak seperti udang terbang tepung khas Gunung Kidul Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta, dll. Proses pembersihan kotoran pada perut belalang dengan cepat sebelum siap diolah atau di goreng dan dimakan sebagai lauk. Jadi ada proses cara membersihkan belalang dengan cepat pada bagian perut dan kotoran, bulu atau sayap belalang sebelum diolah menjadi makanan yang lezat agar bersih dan sehat serta bergizi untuk Ibu hamil.Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Belalang termasuk salah satu dari dua hewan yang apabila telah terlebih dahulu mati dihalalkan untuk dimakan, bersama ikan.tepatnya di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta belalang merupakan makanan khas yang biasa di konsumsi. Selain di Gunungkidul yang dikenal dengan belalang goreng, daerah lain di Indonesia yang biasa mengonsumsi belalang sebagai makanan sehari-hari adalah Pacitan, Wonogiri, Klaten, Blora, dan Nusa Tenggara. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli gunugn kidul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

RESEP BELALANG GORENG 
BAHAN-BAHAN :
-1 kg belalang (banyak dijual saat musim belalang biasanya masih hidup atau cari sendiri di hutan dan di perkebunan banyak, cari belalang ukuran besar)
-10 biji/siung bawang putih
-15 biji/siung bawanng merah
-250 gram gula pasir/secukupnya (jangan pernah memakai gula merah karena akan lebih cepat gosong)
-4 sdm garam (atau seckupnya saja sesuai selera)
-1/2 sdm penyedap rasa (jika diperlukan)

CARA MEMASAK BELALANG GORENG :
-Ambil belalangnya yang masih hidup, masukan ke dalam air panas (agar mudah untuk membersihkan dalam keadaan mati).
-Bersihkan belalang dari kotoran dengan menarik lepas kepala sampai kotoran di perut ikut tertarik keluar sampai benar-benar bersih isi perutnya. Jadi jangan bertanya lagi kalau ada cacingnya, biasakan baca sampai habis.
-Lepaskan bulu-bulu atau sayap belalang sampai benar-benar bersih.
-Cuci belalang yang sudah dibersihkan kotoran dan sayapnya dengan air hangat, lakukan beberapa kali hingga air blasan terakhir tidak kotor lagi.
-Haluskan atau ulek bumbu-bumbu bawang merah dan bawang putih lalu masukan ke dalam panci.
-Campurkan bahan-bahan yang tersisa kedalam panci yang telah disiapkan, lalu masukan juga belalangnya.
-Tuangkan air secukupnya, lalu rebus belalang agar bumbu meresap.
-Perebusan dilakukan sampai belalang berubah warna menjadi kemerahan-merahan (kira-kira 30 menit).
-Angkat lalu tiriskan belalang sampai benar-benar kering/tiris, lalu goreng belalang sampai matang, lalu angkat dan tiriskan belalang sampai kering dari minyak.
-Belalang goreng gurih kriyuk siap disajikan panas/hangat lebih nikmat.
-Sajikan.

Demikian cara membuat belalang goreng khas bantul jogjakarta, sangat mudah sekali dan yang sulit mencari belalangnya karena beda tempat beda jumlah belalang. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share