WEDANG UWUH MINUMAN KHAS BANTUL DIY | CARA MEMBUAT WEDANG UWUH ASLI BANTUL JOGJA | RESEP WEDANG UWUH KHAS BANTUL JOGJA

Salah satu resep tradisional yang masih eksis sampai sekarang adalah resep minuman Wedang Uwuh. Wedang Uwuh merupakan minuman khas Imogiri, Kecamatan Bantul, Provinsi DIY. Minuman ini adalah minuman herbal yang telah terbukti baik bagi tubuh. Jika dilihat sekilas, minuman ini tampak seperti minuman yang kotor karena banyak terdapat dedaunan herbal yang dimasukkan di dalam gelas. Cara penyajiannya cukup sederhana, daun herbal yang telah disiapkan kemudian ditaruh didalam sebuah wadah kemudian disedu dengan air panas dan jadilah minuman yang segar dan menyehatkan ini. Minuman ini bisa didapatkan di kawasan Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri.

Asal kata uwuh berasal dari Bahasa Jawa, jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah sampah dedaunan.Sehingga Wedang Uwuh adalah minuman yang bahan bakunya dedaunan. Bahan bakunya rempah khas Indonesia, yaitu daun dan ranting cengkeh, daun pala, daun manis jangan, kayu secang, jahe, ditambah gula batu.Wedang Uwuh paling nikmat dimunum ketika malam hari karena disaat cuaca malam yang dingin dan anda meminum minuman yang hangat pasti terasa lebih baik. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli bantul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara 

Resep wedang uwuh khas bantul DIY
Bahan- bahan:
-700 ml air.
-40 gram serutan kayu secang kering.
-50 gram gula batu atau gula pasir.
-6 cm jahe , memarkan.
-2 lembar daun kayu manis kering.
-3 lembar daun cengkeh kering.
-3 lembar daun pala kering.
-10 butir cengkeh atau batang cengkeh kering. 

Cara Membuat Resep Wedang Uwuh :
-Bakar jahe, lalu dimemarkan.
-Tuang air dalam panci. Masukkan jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu.
-Masak dengan api sedang hingga mendidih.
-Rebus selama kurang lebih 15 menit.
-Angkat dan saring (Bisa juga dihidangkan tanpa disaring).
-Tuang ke dalam gelas, lalu hidangkan hangat.

Demikian cara membuat wedang uwuh khas bantul jogjakarta dan sangat mudah. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share