PIA TAPE KHAS JEMBER | CARA MEMBUAT PIA TAPE KHAS JEMBER JAWA TIMUR | RESEP PIA TAPE KHAS JEMBER

Kota Jember ditetapkan sebagai Kota Karnaval oleh Kementerian Pariwisata atas konsistensi menyelenggarakan Jember Fashion Carnaval (JFC) selama 16 tahun berturut-turut. Gelaran ini membawa nama Kota Jember sebagai kota yang terus maju dan berkembang di Jawa Timur.kota Jember kini makin diramaikan oleh wisatawan dan pengunjung dari banyak wilayah. Jika berkunjung ke Jember, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jember yang terbuat dari bahan tradisional. Kota Jember Jawa Timur sebagai kota tape memang menumbuhkan aneka rasa jenis jajanan serba bahan tape singkong. Mulai mulai suwar suwir, prol tape, dodol tape, dan sekarang ada inovasi baru pia tape. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang. Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya karena langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula dan susu. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Jember Jawa Timur bisa mencoba membuatnya untuk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep pia tape khas jember jawa timur
Bahan isi:
-350 g tape singkong, buang seratnya, haluskan
-2 sdm margarin
-2 sdm susu bubuk

Bahan I:
-250 g tepung terigu
-125 ml minyak sayur
-75 ml air
-50 g gula tepung
-1/4 sdt garam

Bahan II:
-200 g tepung terigu
-100 ml minyak sayur

Bahan olesan:
-2 kuning telur

Cara membuat
-Isi: Campur tape singkong, margarin, dan susu bubuk. Aduk rata, bagi menjadi 20 bagian, masing-masing bulat pipih, sisihkan.
-Bahan I: Campur semua bahan I, uleni hingga rata, sisihkan.
-Bahan II: Campur semua bahan II, aduk rata, sisihkan.
-Bagi adonan bahan I dan II menjadi 20 bagian
-Ambil satu bagian adonan bahan I, pipihkan.
-Letakkan di atas satu bagian adonan bahan II, bungkus dengan cara ditekan.
-Gilas adonan, lipat menjadi 4 bagian. Ulangi hingga 3 kali.
-Pipihkan adonan kulit pia bentuk lingkaran, letakkan adonan isi di atasnya.
-Bentuk bulat pipih, atur di atas loyang. Ulangi hingga semua bahan habis.
-Oles permukaan pia dengan kuning telur.
-Panggang pia tape dengan suhu 150 derajat Celsius selama 30 menit hingga matang.
-Angkat, sajikan

Praktis sekali bukan cara pengolahan pia tape jember yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share