PECEL PITIK MAKANAN KHAS BANYUWANGI | CARA MEMBUAT PECEL PITIK BANYUWANGI | RESEP PECEL PITIK BANYUWANGI

Jika berkunjung ke banyuwangi jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini yaitu pecel pitik. Dulunya pecel pitik hanya di temui di acara selamatan warga namun sekarang sudah banyak di temui warung makan kota banyuwangi. Kuliner ini juga sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Pecel pitik terbuat dari ayam kampung di percaya lebih gurih dan bumbu pecelnya tidak seperti pecel lel atau pecel sayur pada umumnya. Bumbu pecel terbuat dari kelapa agak muda dan tampilannya mirip dengan bumbu urap. Parutan kelapa muda yang sudah di bumbui kemudian di campur dengan ayam kampung yang di suwir-suwir atau potongan ayam kampung sesuai selera. Jika ada banyak waktu bisa datang langsung ke banyuwangi untuk menikmati kuliner yang satu ini. Jika tidak banyak waktu bisa juga membuatnya di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini. caranya sangat mudah dan dengan bahan yang mudah di temui di sekitar anda. bagi yang merantau bisa membuat di tanah perantauan dan mengenalkan kuliner kepada teman-teman dari daerah lain. simak caranya di bawah ini dan jangan lupa pantengin terus karena akan update resep masakan nusantara lainnya hanya disini.

CARA MEMBUAT PECEL PITIK KHAS BANYUWANGI
Bahan:
-1 ekor ayam kampung

Bumbu pecel:
-1/2 butir kelapa muda (jangan terlalu tua)
-4 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-1 kacang tanah secukupnya
-1 ruas jari kencur
-2 daun jeruk
-6 buah cabe rawit
-1 trasi bakar 
-guka dan garam secukupnya
-mentimun dan kemangi secukupnya

Langkah-langkah:
-Bersihkan ayam dari bulunya kemudian cuci bersih dengan air yang mengalir bisa juga di beri jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. diamkan sebentar dan cuci lagi untuk menghilangkan rasa asam dari jeruk nipis. ayam di potong-potong kemudian bakar hingga matang menggunakan arang seperti bakar sate.
nb: agar ayamnya jadi empuk, balurkan parutan nanas
-goreng kacang tanah,goreng secara bersamaan agar lebih irit waktunya (cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur). jika sudah matang semua tinggal uleg kacang tanah yang sudah di goreng dengan bumbu yang sudah di goreng tadi, tambahkan daun jeruk, trasi,garam dan gula secukupnya kemudian campur dengan parutan kelapa muda dan koreksi rasa

Penyajian:
-suwir-suwir(boleh juga tidak / sesuai selera) ayam yang sudah matang tadi kemudian campur dengan bumbu pecel. tambahkan kemangi dan mentimun buat lalapan
-selamat menikmati

caranya sangat mudah bukan?
sekarang anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke banyuwangi untuk menikmati kuliner pecel pitik. nah, sekarang anda juga bisa membuatnya di rumah.
selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share