LONTONG KUPANG KHAS SIDOARJO | CARA MEMBUAT LONTONG KUPANG KHAS SIDOARJO | RESEP LONTONG KUPANG KHAS SIDOARJO

jika anda mendengar sidoarjo pasti akan terbesit adalah lumpur lapindo, namun di sidoarjo bukan lumpur yang bikin fenomenal akan tetapi makanan khas sidoarjo salah satunya adalah lontong kupang khas sidoarjo. jika anda berlibur ke sidoarjo silahkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini dan di jamin anda akan ketagihan. lontong kupang ini terdiri dari lontong, kupang, lentho dan siraman kupang. apa itu kupang? kupang adalah sejenis kerang laut yang berukuran kecil dan berwarna putih dan lentho adalah kacang telo yang berbentuk oval mirip perkedel yang di goreng. cara menyajikan lontong kupang adalah dengan memasukkkan irisan lontong dan lentho ke dalam piring kemudian di siram dengan kuah kupang serta di tambah dengan bumbu petis dan bawang putih. lebih nikamt jika menggunakan petis pedas, akan terasa lebih nikmat lagi jika di temani es degan atau es kelapa muda dan sate kerang di jamin rasanya pasti nikmat. jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah silahkan ikuti resep di bawah ini. caranya sangat mudah, cukup sediakan bahan-bahan yang di perlukan. kita langsung membuatnya dan jangan kelamaan karena bisa nyanyi perutnya.

CARA MEMBUAT LONTONG KUPANG KHAS SIDOARJO
Bahan-bahan:
-800 gram kupang
-3 buah lontong matang
-3 bawang putih
-1 ruas jahe
-1/2 jeruk nipis
-Garam secukupnya
-Gula secukupnya
-3 sendok makan petis
-2 Sendok teh kecap manis
-500 ml Air Putih

bahan lentho:
-600 gram singkong
-2 siung bawang putih
-2 cm kunyit
-1 sendok teh ketumbar
-1 sendok teh gula pasir
-1 sendok teh garam
-3 daun jeruk diiris halus

Cara membuat lentho:
-membuat lentho singkong dengan mencampur bahan lento singkong, kemudian aduk dalam adonan hingga merata. Bentuk bulat-bulat, lalu goreng sebentar.

Cara Membuat Lontong Kupang:
-rebus kupang telah dicuci hingga bersih dengan air putih, tunggu hingga betul-betul matang, agar tidak memabukkan.
-Sementara masih merebus lalu siapkan penggorengan, dan berikan minyak goreng setelah itu tumis bawang putih yang telah dhaluskan, tunggu hingga tercium bau harum.
-Setalah tericum bau harum, tambahkan air putih, kemudian tunggu hingga mendidih.
-lalu masukkan kupang yang telah di rebus tadi.
-Tambahkan sedikit garam dan gula.

cara penyajian:
-siapkan kupang dan lentho
-haluskan bawang putih goreng, cabai rawit merah, gula secukupnya, garam secukupnya dan yang tidak boleh ketinggalan adalah petis kupang haluskan dengan sendok diatas piring dan tambahkan sedikit jeruk nipis, agar terasa lebih segar.
-Setelah bumbu petis selesai dibuat, tambahkan irisan lontong sesuai dengan kebutuhan diatasnya. Siramkan kuah kupang diatas irisan lontong, taburi bawang goreng dan sedikit kecap manis. Agar lengkap sajikan dengan lentho singkong dan sate kerang.

nah itu cara mudah membuat lontong kupang khas sidoarjo, sangat mudah bukan?? kini anda bisa membuatnya di rumah buat keluarga tercinta anda.
selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share