BANDENG ASAP KHAS SIDOARJO | CARA MEMBUAT BANDENG ASAP KHAS SIDOARJO | RESEP BANDENG ASAP KHAS SIDOARJO

bandeng adalah ikan air tawar yang kaya akan vitamin dan juga mudah untuk di dapatkan di pasar. bandeng memliki tekstur daging yang lembut dan rasanya gurih dengan berbagai cara pengolahan yang salah satunya dengan pengasapan. kuliner yang menjadi ciri khas kota sidoarjo salah satunya adalah bandeng asap yang sering di bawa oleh-oleh para wisatawan. kuliner ini (bandeng asap) menjadi salah satu produk utama olahan perikanan sidoarjo. bandeng asap ini di buat dengan cara di matangkan dengan proses pengasapan selanjurnya proses di pilah. jangan khawatir, bandeng asap ini mampu bertahan lama jadi jangan ragu lagi buat membelinya.kuliner ini sangat mudah di jumpai di sidoarjo jadi tidak perlu pusing untuk mencarinya. jika anda kekurangan waktu ketika berlibur ke sidoarjo, alangkah baiknya anda membuatnya sendiri di rumah. caranya sangat mudah sekali, cukup anda siapkan bahan-bahan dan ikuti resep di bawaah ini

CARA MEMBUAT BANDENG ASAP KHAS SIDOARJO
Bahan:
-3-4 ekor bandeng
-2 kepal tangan beras
-3 potong daun pisang
-Minyak goreng
-Garam

Cara Membuat:
-Bersihkan sisik, insang dans isi perut, cuci bersih dans olesi garam seluruh badans, terutama perut dalam.
-Siapkan wajan + tutup, beras sekitar 2 kepal tangan, daun pisang 3 potong @ (30x30cm), sumpit/tusuk sate 8 buah dans kain serbet.
-Olesi bagian dalam wajan dengan minyak goreng.
-Masukkan ikan tadi dalam wajan dengan susunan sebagai berikut: 
~paling bawah: beras (diratakan), atasnya sumpit/tusuk sate yang disusun silang menyilang (agar bandeng bisa ditaruh diatasnya), diatas susunan sumpit taruh 2-3 lembar daun pisang, paling atas taruh bandeng dengan posisi sejajar (tidak bertumpuk).
-Tutup wajan rapat2, beri serbet diatasnya, mengelilingi tutup (agak basah, tapi tidak menetes) agar lebih rapat.
-Nyalakan kompor gas selama sekitar 20 menit
-Matikan kompor, buka tutup, lihat kulit bandeng harus berwarna seperti coklat tembaga gelap.
-Bandeng siap disajikan 
-tambahkan sambel terasi biar nikmat

nah itu caranya bikin bandeng asap khas sidoarjo. tidak membutuhkan bahan yang banyak, simple dan anda bisa membuatnya untuk keluarga tercinta anda. buat acara hajtan dan sebagainya juga bisa. silahkan anda berkreasi sesuai keinginan anda yang penting pengolahan masih sama yang membedakan hanya proses penyajiannya.
selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share