MANFAAT BATANG SERAI UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN | MANFAAT SEREH YANG JARANG DI KETAHUI

Kompilasitutorial.com -serei atau sereh adalah tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap atau pengharum aroma masakan. Sereh memiliki berbagai kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, tanaman sereh juga memiliki berbagai sifat seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan. Sereh memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh tapi tidak semua orang dapat mengonsumsi sereh, terutama karena masih sangat sedikit penelitian tentang penggunaan sereh untuk obat. Tanaman yang satu ini tidak disarankan untuk digunakan oleh pasien dengan gangguan ginjal atau gangguan hati yang sudah parah serta pada ibu hamil dan menyusui.


Manfaat Sereh bagi Tubuh
-Meredakan Nyeri Haid
Teh serai mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan.Cara membuatnya dengan memotong iris-iris serai, memasukkannya ke dalam air, biarkan mendidih, dan biarkan menyerap selama 10-15 menit.

-Untuk Kulit dan Rambut
Serai adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus yang merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai bisa membersihkan kulit, mengatasi tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati seperti jerawat dan eksim.

-Pereda nyeri otot dan sendi
Efek analgesik tidak hanya dapat dirasakan untuk meredakan sakit perut, tetapi juga jenis nyeri lainnya seperti nyeri otot dan juga nyeri sendi. untuk meredakan nyeri otot dan sendi bisa didapatkan dengan cara konsumsi teh sereh atau dengan melakukan pijat menggunakan minyak sereh.

-Menjaga kadar kolesterol
mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik tetapi masih harus diuji kembali efektivitas daun sereh pada pasien yang sudah terlanjur memiliki penyakit kolesterol tinggi.

-Menghindari gigitan nyamuk
Mengoleskan minyak sereh secara berkala pada kulit dipercaya dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk.Gigitan nyamuk dapat memberikan rasa gatal dan bekas pada kulit. Bahkan beberapa nyamuk berpotensi untuk membawa penyakit seperti demam berdarah dan malaria.sereh untuk menghindari nyamuk juga sudah dibuktikan dengan banyaknya produk lotion anti nyamuk dengan wangi daun sereh.

-Mengatasi depresi
Sereh yang memiliki sifat antidepresan bisa menurunkan berbagai gejala depresi seperti stres, cemas, dan gangguan tidur atau insomnia.Aroma sereh yang menenangkan dapat membantu relaksasi otot dan juga saraf sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Konsumsi teh daun sereh sebelum tidur akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

-Mengatasi ketombe
Masalah rambut yang satu ini memang dapat diatasi menggunakan berbagai minyak esensial dan salah satunya adalah minyak sereh. Anda dapat mengaplikasikan minyak sereh secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe.

-Menjaga kesehatan mulut
Sereh dipercaya dapat mengobati infeksi mulut atau sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur maupun bakteri karena sereh memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan juga antijamur.

nah itu tadi beberapa manfaat sereh atau serai untuk kesehatan dan kecantikan. baca terus kompilasitutorial.com karena akan hadir berbagai ramuan obat herbal, resep masakan dan lain sebagainya. selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share