Manfaat daun buah biji akar batang dan Kandungan dari buah srikaya yang jarang di ketahui yang bermanfaat bagi kesehatan

Kompilasitutorial.com -Srikaya dalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih. Buah srikaya pada umumnya berbetuk bulat dan sedikit mengerucut. Rata-rata buah srikaya memiliki diameter 5 – 10 cm. Pohon srikaya rata-rata akan berbuah normal pada saat sudah berusia kisaran 3 – 5 tahun. Pohon srikaya mampu tumbuh di tanah kering, dan sama seperti pada umumnya tumbuhan maka srikaya juga membutuhkan sinar mataharai secara langsung. Pohon buah srikaya memiliki daun yang berselang-selang, lembing dan membujur dengan panjang berkisar antara 6 – 12 cm dan dengan lebar 3 – 4 cm. Kulit kayu dan akar dari pohon srikaya mengandung banyak kandungan yang cukup bermanfaat bagi kehidupan manusia, meskipun sebagian dari kandungan pohon srikaya juga dimiliki dalam kandungan di tanaman-tanaman lainnya. 


Manfaat yang dapat kita ambil dari akar pohon srikaya, adalah:
-Mengatasi sembelit,
-Membantu proses penyembuhan disentri akut,
-Meringankan depresi mental,
-Menurunkan kadar nyeri tulang pada punggung

Adapun manfaat dari kulit pohon srikaya, adalah:
-Mengobati diare,
-Sebagai obat luar maka dapat digunakan untuk mengobati luka yang berdarah.

biji buah srikaya terdapat kandungan senyawa poliketida dan senyawa lin yaitu senyawa turunan dari bistetrahidrofuran, asetogenin (skuamostatin C, D, anonain, anonasin A, anonin 1, IV, VI, VIII, IX, XVI, skuamostatin A, bulatasin, bulatasinon, skuamon, ncoanonin B, neo desasetilurarisin, neo retikulasin A, skuamosten A, asmisin, skuamosin, sanonasin, anonastatin, neoanonin). daun srikaya juga memiliki kandungan kimia, yaitu kandungan p-hidroksibenzil-6,7-dihidroksi- 1,2,3,4-tetrahidroisokinolin (demetilkoklaurin = higenamin), dan alkaloid tetrahidro isokuinolin.

Biji buah srikaya dapat digunakan untuk mengatasi:
-Penderita pencernaan lemah,
-Cacingan (biasa untuk anak), dan
-Mematikan kutu kepala dan serangga.

Sedangkan daun srikaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi:
-Cacingan, kutu kepala,
-Menurunkan kadar asam urat dan darah tinggi,
-Diare, disentri,
-Reumatik,
-Rectal prolaps yang terjadi pada anak-anak,
-Batuk atau demam,

Untuk pemakaian luar, yaitu: untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.

Kandungan Buah Srikaya
-Asam amino
-Gula buah
-Mucilago
-Potassium
-Magnesium
-Niasin
-buah srikaya yang masih berusia muda mengandung tanin

Manfaat Buah Srikaya
-Menurunkan Kolesterol Tinggi
-Sangat baik untuk pencernaan
-Baik Untuk Penderita Diabetes
-Srikaya sebagai obat diare
-Mencegah Asma
-Menurunkan Hipertensi
-Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
-Menjaga Kesehatan tulang dan gigi

Demikian manfaat dari buah, akar, daun, batang dari srikaya. namun harus di perhatikan segala sesuatunya karena bisa berakibat fatal bagi kesehetan manusia dan harus di dampingi herbalisi yang berkompeten. 

Penting untuk diperhatikan bahwa:
-Ibu yang sedang mengandung (hamil) sangat dilarang untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan srikaya sebagi obat herbal, baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, hingga buahnya sekali pun.
-Jika membuat obat herbal terutama untuk obat yang diminum berupa air rebusan maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon srikaya, karena di dalamnya mengandung racun.
-Akan lebih bijak jika dalam penggunaan baik itu daun, biji, akar, kulit pohon hingga buah sebagai olahan obat herbal didampingi atau atas pengarahan para herbalis yang sudah berpengalaman di bidangnya.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share