RESEP PRAKTIS RENGGINANG SINGKONG BOJONEGORO YANG GURIH SERTA MANFAAT DAN NUTRISI DALAM SINGKONG

Kompilasitutorial.com -Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Beberapa kota di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong juga bisa di jadikan camilan yang enak dan sehat yang mempunyai manfaat serta kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh manusia. 
Kandungan nutrisi dan manfaat singkong:
-Karbohidrat
Aktivitas fisik akan menguras glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot. Ketika Anda makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam otot. Jadi, manfaat singkong untuk menambah energi tak bisa disepelekan.
-Mineral
Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.
-Vitamin
Singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.
-Serat
Singkong mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

itulah tadi beberapa nutrisi yang terkandung dalam singkong serta manfaatnya, nah sekarang kita akan bahas cemilan sehat yang terbuat dari singkong yaitu rengginang singkong. Rengginang adalah makanan khas jawa yang sudah ada dari zaman dulu. Meskipun rengginang merupakan makanan ringan/ camilan yang jadul atau lawas, namun keberadaan rengginang masih selalu dicari dan dinanti para pecintanya. Sebagian besar rengginang terbuat dari ketan, tapi beda dengan rengginang khas bojonegoro ini yaitu rengginang singkong. cara membuatnya sangat sederhana adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rengginang dari singkong:
-Singkong / ubi kayu 2 kg 
-Bawang putih 3 siung dan dihaluskan 
-Garam secukupnya 
-Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat rengginang dari singkong atau ubi kayu:
-Kupas kulit singkong, kemudian cuci hingga bersih. 
-Singkong yang sudah dicuci tadi, kemudian diparut dengan mengunakan alat pemarut kelapa atau mesin pemarut. 
-Hasil dari parutan tadi dimasukkan kedalam wadah bak untuk diambil acinya. Proses pengambilan aci ini dilakukan berulang kali agar mendapatkan air aci yang banyak. 
-Biarkan air aci tersebut untuk diendapkan selama kira-kira 3 jam. Jika sudah mengendap, pisahkan endapan aci tersebut dan buang airnya. 
-Aci atau saripati yang diperoleh dari mengendapkan tadi, kemudian dicampur dengan parutan ubi/ singkong, lalu jemur selama 1 hari. 
-Jika sudah, campurkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti bawang putih, garam, dan lain sebagainya. 
-Cetak menjadi rengginang, kemudian kukus rengginang tersebut. Setelah dikukus jemur rengginang tersebut sampai kering dibawah sinar matahari langsung. 
-Jika sudah benar-benar kering, proses terakhir dalam pembuatan rengginang singkong ini adalah penggorengan. Goreng dengan minyak yang cukup banyak dan suhu yang tinggi agar rengginang bisa mengembang. Jika rengginang sudah matang, angkat dan tiriskan.

nah itulah resep membuat rengginang singkong yang enak dan renyah, kini anda bisa membuat jajanan sehat buat keluarga tercinta anda yang pastinya sudah ada zat yang di butuhkan oleh tubuh manusia.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share