RESEP PRAKTIS MEMBUAT KALDU KOKOT KHAS BANGKALAN MADURA YANG SUPER NIKMAT ~ KOMPILASITUTORIAL.COM

Kompilasitutorial.com ~ Makanan khas bangkalan madura selanjutnya adalah kaldu kokot. Kokot dalam bahasa madura yang artinya kikil, dan makanan ini tidak terkenal di tempat lain. bahan utama kuliner ini adalah kikil sapi yang di masak bersamaan dengan kacang hijau. biasanya para pecinta kuliner mengenal cita rasa manis pada kacang hijau namun sangat berbeda dengan kuliner yang satu ini. makanan ini tidak lupa untuk di campurkan bumbu petis dan kacang uleg. jika anda ingin mencicipi kuliner yang satu ini silahkan anda berkunjung ke bangkalan madura. setelah anda merasakan sensasinya, anda bisa membuatnya di rumah. nah di bawah ini telah kami uraikan cara sederhana membuat kaldu kokot khas bangkalan madura ini.

CARA MEMBUAT KALDU KOKOT KHAS BANGKALAN
Bahan-bahan:
-500 gr kikil sapi/daging/iga/ sumsum (atau sesuai selera )
-1 tangkai daun pepaya (optional)
-4 lembar daun salam (optional)
-400 gr kacang hijau (bisa disesuaikan sendiri takarannya dengan kikil sapi)
-secukupnya air untuk merebus daging dan kacang hijau
-8 siung bawang putih
-5 butir bawang merah
-1/2 butir biji pala
-secukupnya merica
-4 tangkai daun bawang
-4 sdt garam
-2 sdm minyak untuk menumis
-1 sdt tepung tapioka

Langkah-langkah:
-Bungkus daging sapi/kikil dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih 1jam atau sudah diproses di malam sebelumnya dan dimasukkan ke dalam kulkas. (Alternatif lain untuk mengempukkan bisa dengan merebusnya dengan api kecil hingga empuk kurang lebih 1-2jam/ menyesuaikan dg ketebalannya).
-Rebus daging dengan air secukupnya dan daun salam hingga mendidih lalu kecilkan api. Tunggu hingga daging benar-benar empuk. Air rebusan bisa ditambahkan jika dirasa kurang. Saring ampas yang mengambang.
-Sambil menunggu daging empuk, rebus kacang hijau dengan air secukupnya. Tunggu hingga kacang hijau mekar. Air bisa ditambahkan jika dirasa kurang.
-Goreng 5 siung bawang putih dan 3 butir bawang merah. Kemudian haluskan bersama sisa bawang putih dan bawang merahnya, pala, serta merica
-Iris-iris daun bawang, lalu tumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
-Kikil/ iga/ daging sapi yang sudah empuk dipotong dadu.
-Kemudian campurkan daging ke dalam rebusan kacang hijau yang sudah mekar beserta kuah kaldu rebusan daging (secukupnya) dan bumbu tumisan + garam. Masak hingga meresap.  
-Tambahkan 1sdt tepung tapioka yang sudah dicairkan. Tunggu sebentar hingga kuah agak mengental.
-Siap disajikan bersama lontong. Lontong dipotong-potong, kemudian disiram dengan kaldu kokot. Tambahkan kecap, cengi (sambal), kroket singkong/ kripik singkong sebagai pelengkap (sesuai selera). 

nah itu tadi resep mudah membuat kaldu kokot khas bangkalan madura, kini anda bisa membuatnya di rumah. mana yang lebih enak antara buat sendiri atau beli? kini anda bisa membuatnya di rumah untuk sajian istimewa untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share