CARA PRAKTIS MEMBUAT NASI / SEGO JAMBLANG KULINER ASLI JAMPANG CIREBON JAWA BARAT

kompilasitutorial.com ~ kuliner yang satu tidak kalah enak dari kuliner khas cirebon lainnya dan menjadi salah satu kuliner khas kota cirebon. namanya yaitu nasi / sega jamblang, jika anda sedang di cirebon kami menyarakan untuk berburu kuliner ini karena asli khas cirebon. salah satu yang membuat nasi jamblang sangat unik dan mudah di kenali dengan bungkus nasinya terbuat dari daun jati, dan berbeda dari daerah lainnya yang seringkali menggunakan daun pisang. nasi jamblang terkenal dengan cita rasa yang khas dan harga yang terjagkau. nasi jamblang pertama kalinya di buat dari desa jampang cirebon. banyak sekali ragam untuk lauk yang di suguhkan seperti ikan asin, udang, ikan, ayam goreng, pepes, perkedel, bacem dan lain sebagainya.untuk lauk yang paling di minati atau populer yaitu cumi yang di tumis atau paru goreng. jika anda tertarik untuk mencobanya? silahkan anda datang sendiri ke cirebon dan jangan lupa untuk merasakan sensasinya dengan harga mulai dari 2 ribu sampai 20 ribu rupiah. sangat murah sekali bukan? jika anda tertarik untuk membuatnya, jangan khawatir. anda bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti uraian resep di bawah ini

Resep sego jamblang khas cirebon
Bahan-bahan:
-1 piring nasi putih
-5 lembar daun jati

Bahan Lauk 1 : Sate Usus
-1/4 kg usus ayam
-1 bks bumbu racik ayam goreng
-1/2 sdt garam
-1 lembar daun salam
-1 ruas lengkuas
-400 ml air
-Tusuk sate
-Minyak untuk menggoreng

Bahan Lauk 2 : Tempe goreng tepung
-1 papan tempe
-Secukupnya tepung bumbu bakwan
-Secukupnya air
-Minyak untuk menggoreng

Bahan lauk 3 : Telur Dadar
-1 butir telur
-1 buah cabe merah iris
-Secukupnya daun bawang
-Secukupnya garam

Bahan Sambel :
-5 buah cabe merah (tergantung selera pedas)
-2 siung bawang merah
-Secukupnya Garam, gula, penyedap
-Minyak untuk menumis

cara membuat nasi jamblang khas cirebon
-Siapkan daun jati. Cuci terlebih dahulu biar bersih dari kotoran, Tiriskan.
-Membungkus nasi : Ambil satu centong nasi, kemudian bungkus dengan daun jati (cukup gulung kemudian lipat kedua sisinya), sisihkan.
-Membuat sate usus : cuci bersih usus, rebus usus sampai mendidih, setelah mendidih masukkan bumbu racik dan garam. Aduk rata, ungkep sampai bumbu meresap dan air menyusut. Setelah usus matang, susun usus dengan tusuk sate (buat bentuk sate). Kemudian goreng sebentar saja jangan sampai terlalu kering. Sisihkan.
-Membuat tempe goreng : iris tipis tempe, kemudian campur dengan tepung bakwan yang sudah di beri air, aduk rata. Goreng tempe dengan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
-Membuat telur dadar : telur kocok lepas, tambahkan daun bawang, irisan cabe dan sejumput garam. Kocok rata, goreng dengan minyak sedikit, sisihkan.
-Membuat sambel : Kukus cabe dan bawang merah kurang lebih 5 menit. Kemudian ulek, tambahkan garam, gula, penyedap. Ulek sedikit kasar (jangan terlalu halus), tumis dengan minyak sedikit.
-Penyajian : Ambil sebungkus nasi, ambil dan letakkan lauk di pinggir nasi, kemudian beri sambal.
-Nasi jamblang khas cirebon siap untuk di hidangkan

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share