CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT PINDANG GOMBYANG YANGSUPER NIKMAT

kompilasitutorial.com ~ kemarin kita sudah membahas beberapa makanan khas dari indramayu yang pastinya bikin lidah anda meleleh. kuliner khas indramayu yang selanjutnya adalah pindang gombyang. pindang gombyang khas indramayu ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan lezat. dalam pengolahan kuliner ini menggunakan bumbu seperti kunyit, jahe, kemiiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan lain sebagainya. jika anda ingin menikmati sensasi segar, tambahkan belimbing wuluh dalam pindang gombyang. anda bisa menikmati cita rasa yang pastinya nikmat ketika anda sedang berada di indramayu. akan tetapi jika anda tidak ada kesempatan untuk pergi ke indramayu dan ingin sekali menikmati kuliner yang satu ini jangan khawatir. di bawah ini akan kami uraiakan resep membuat pindang gombyang khas indramayu dan tidak perlu anda pergi ke sana. simak yuk cara pembuatan pindang gombyang khas indramayu

Resep membuat pindang gombyang
Bahan:
-1 Kg Kepala Ikan Manyung
-2 buah jeruk nipis, peras airnya
-1 sdm garam
-800 ml santan encer
-700 ml santan kental
-100 gram asam muda
-3 sdm minyak untuk menumis

Bahan Bumbu Gombyang :
-3 cm kunyit haluskan
-6 butir kemiri sangrai, haluskan
-8 butir bawang merah haluskan
-5 siung bawang putih haluskan
-10 buah cabai merah keriting, iris halus
-2 lembar daun salam
-3 cm lengkuas, memarkan
-4 buah temu kunci
-1 sdm garam
-1 sdm gula pasir
-5 cabe rawit utuh

Cara membuat Pindang Gombyang:
-oleskan jeruk nipis dan garam pada ikan. Lalu diamkan selama 20 menit dan cuci bersih kembali. Setelah itu lakukan  tumis ikan dengan sedikit minyak di dalam wajan anti lengket. Kemudian angkatlah lalu sisihkan.
-Selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum. Jangan lupa tambahkan daun salam, lengkuas dan temu kunci, tumis hingga layu. Lalu tuangkan santan encer dan asam muda, biarkan mendidih.
-Setelah itu tambahkan santan kental, gula dan garam. Lalu masak lagi sampai mendidih, jangan lupa tuangkan cabe keriting dan cabe rawit utuh.
-Berikutnya tuangkan ikan yang telah ditumis. Lalu masak sampai bumbu meresap.
-Apabila sudah meresap Angkat Pindang Gombyang.
-Pindang gombyang siap untuk dihidangkan

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share