CARA MUDAH MEMBUAT SATE BANDENG KHAS TANGERANG BANTEN

kompilasitutorial.com

kompilasitutorial.com ~ ikan bandeng merupakan salah ikan air tawar yang enak dan banyak gizinya. selain di bikin pepes, di goreng dan lainnya bandeng juga bisa di bikin jadi sate bandeng. sate bandeng merupakan salah satu makanan khas tangerang banten yang mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa. sate bandeng di olah dengan teknik pengolahan khusus dan dengan menggunakan bumbu santan kelapa muda serta dengan bumbu yang khas pastinya. salah satu teknik cara pembuatannya yaitu dengan cara mencabut durinya. duri yang sudah di hilangkan membuat sate bandeng ini menjadi tekstur yang lebih empuk. cara mencabutnya juga mudah sekali, meskipun hanya seorang amatiran. nah, anda berniat membuatnya di rumah? santai saja, di bawah ini sudah kami sediakan resep sate bandeng khas tangerang bandeng tersebut. simak yuk resep membuat sate bandeng

Resep sate bandeng khas tangerang banten yang super nikmat
Bahan-bahan:
-1 kg Ikan Bandeng
-100 gram Telur Ayam
-1/2 buah Kelapa Parut
-100 ml Santan
-1 sendok makan Garam
-100 gram Cabai Merah
-5 sendok makan Ketumbar
-1/2 sendok teh Jinten
-3 cm Jahe
-3 cm Lengkuas (Laos)
-2 cm Kunyit
-100 gram Bawang Merah
-3 siung Bawang Putih
-100 gram Gula Merah
-1 ikat Daun Pisang

cara membuat sate bandeng khas tangerang banten:
-Cuci dan bersihkan ikan bandeng, buang kotorannya melalui bagian leher. lalu pukul pelan-pelan seluruh badan ikan sampai lunak keluarkan daging dan tulangnya lewat bagian ekor, tekan terus ke arah dalam ikan.
-Posisi ikan bagian dalam sudah diluar. Bersihkan bagian dalam ini dari daging ikannya. Sarung ikan bandeng bagian dalam sudah bersih dari dagingnya. Balikkan kembali sarung ikan dengan posisi aslinya, sekarang ikan bandeng sudah kosong.
-Hasil kerokan ikan bandeng, dimasak sampai berubah warna, angkat dan dinginkan. Cabut durinya yang kecil.Setelah bebas dari duri, haluskan/blenderlah daging ikan bandeng.
-Panaskan santan kental. Setelah mendidih, matikan api dan ambil bagian santan yang mengambang. Masukkan kelapa sangrai parut, gula merah yang sudah diiris halus, garam, ketumbar, jinten, jahe, lengkuas, kunyit, bawang goreng yang sudah halus dan 10 sendok makan santan kental
-Setelah teraduk rata, masukkan telur satu persatu, aduk rata kembali. Masukkan adonan ikan ke dalam sarung ikan, lalu bungkus dengan daun pisang.
-Kemudian kukus selama 15 menit. Pangganglah ikan bandeng yang sudah dikukus tadi, bolak balik sampai bandeng mengering.
-Harus sabar memanggang bandeng, jangan sampai gosong.
-sajikan bandeng dengan dipotong-potong.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share