Cara Membuat Eungkot Keumamah Khas Aceh yang Enak dan Sederhana

kompilasitutorial.com ~ Eungkot keumamah merupakan kuliner khas Aceh. eungkot keumamah yang mempunyai arti ikan kayu dalam bahas aceh, nama ini di ambil karena tekstur ikan pada kuliner ini sangat keras seperti kayu. kuliner ini mempunyai bahan dasar ikan tuna atau ikan tongkol. prosesnya juga terbilang panjang, ikan tuna / tongkol yang masih segar harus di bersihkan isi perutnya, kemudian di rebus terus di keringkan selama dua sampai tiga hari. selama proses penjemuran, ikan di taburi garam dapur dan tepung. selain melalui proses penjemuran, ikan tuna / tongkol bisa juga melalui proses pengasapan untuk memperoleh tekstur yang keras.kemudian di masak dengan santan, kentang, cabai dan rempah. kuliner ini sangat awet dan tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. eungkot keumamah di bandrol dengan harga berkisar 20ribu sampai 25ribu saja, cukup murah sekali bukan. anda juga bisa membuatnya di rumah, untuk resepnya sudah kami uraikan di bawah ini. selamat mencoba 

Resep eungkot keumamah khas aceh yang enak dan sederhana
Bahan-bahan:
-700 gr  potong Eungkot Suree ( Ikan Tongkol)
-30 bh asam sunti
-4 bh daun salam 
-5 bh cabai merah besar , buang biji, diiris halus terlebih dahulu
-2 sdm minyak untuk menumis
-2 bh daun kari
-2 sdt kunyit (bubuk)
-1 sdt garam
-1/4 sdt gula pasir
-1.000 ml santan dari 1 buah kelapa
-1 btg serai, diambil putihnya, kemudian memarkan terlebih dahulu
-1 lbr daun pandan

Bumbu Halus :
-5 bh cabai merah besar
-5 bh cabai merah keriting
-5 bh cabai rawit merah
-5 bh asam sunti 
-4 siung bawang putih
-6 btr bawang merah
-2 cm jahe
-4 sdt ketumbar
-2 sdm kelapa parut, disangrai

Cara membuat eungkot keumamah khas aceh :
-Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian tumis seluruh bumbu halus. Tunggu hingga tercium bau harum, setelah itu masukkan ikan tongkol yang telah disuir atau dipotong tipis-tipis tadi, aduk hingga ikan nya tercampur dengan tumisan bumbu halus tadi.
-Setelah tercampur rata tambahkan daun salam kedalam nya, jangan lupa masukkan juga daun kari, serai yang telah dimemarkan tadi, asam sunti dan daun pandan. Aduk hingga merata.
-Setelah itu masukkan santan kedalam nya serta bubuk kunyit, garam daun gula pasir. Masak hingga matang dan mengering. Setelah dirasa cukup kering nya (sesuai selera) jangan lupa taburi irisan cabai merah, aduk hingga rata.

baca juga ; cara mudah membuat sie reuboh warisan leluhur khas aceh

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share