Cara Membuat Kue Pare Lubuk Sikaping Khas Pasaman Sumatera Barat

kompilasitutorial.com ~ kuliner khas pasaman sumatera barat yang satu ini mempunyai rasa yang enak dan legit, namun dari namanya orang berpikir rasanya sangat pahit. nama kuliner ini yaitu kue pare lubuk sikaping, dinamakan kue pare karena mempunyai bentuk seperti pare dan warnanya juga hijau mirip dengan pare. kue pare ini di buat dari tepung beras, gula merah,parutan kelapa dan pandan. kue pare ini cocok di sajikan kapan saja yang anda mau dan bisa juga di jadikan camilan untuk kumpul bersama keluarga anda. untuk harganya sendiri sangat murah, hanya di bandrol 10 ribu rupiah saja. apakah anda berminat untuk mencicipi kuliner yang satu ini? namun anda juga bisa membuatnya di rumah, caranya sangat mudah sekali seperi membuat klepon pada umumnya. untuk resepnya sudah kami sediakan di bawah ini, jadi anda tidak perlu kemana mana mencari resep kue pare lubuk sikuping pasaman sumatera barat. simak yuk resepnya dan selamat mencoba

Resep membuat kue pare lubuk sikaping yang enak
Bahan kulit :
-200 gr tepung ketan putih
-1/4 sdt garam
-±200 ml santan sedang hangat
-Sckp ny pasta pandan

Bahan unti /isian :
-150 gr kelapa 1/2 tua, parut
-50 gr gula merah batok
-1 sdm gula pasir

cara membuat kue pare khas pasaman:
-Buat unti : Larutkan gula merah dengan sedikit air kemudian saring. Dalam wajan campur semua bahan unti, kelapa parut, gula pasir dan gula merah cair, aduk-aduk hingga rata. Masak di atas api kecil saja sambil terus di aduk. Masak hingga air kelapa agak kering. Angkat dan siap di pakai buat isian.
-Cara membuat kulit : Campur tepung ketan, garam halus dan pasta pandan, aduk-aduk. Tuang sedikit-sedikit santan hangatnya. Uleni hingga menjadi adonan yang bisa di bentuk.
-Ambil sedikit adonan, bulatkan, pipihkan dan beri isian.
-Tutup kembali dan bentuk lonjong
-Beri motif garis-garis dengan menggunakan punggung pisau yang tipis. Lakukan hingga semua adonan habis
-Panaskan kukusan. Saringan /alas kukusan di beri daun pisang yang di olesi minyak sayur.
-Setelah kukusan sudah beruap banyak, masukkan kue pare
-Susun dan beri jarak agar tidak lengket satu sama lainnya
-kue pare siap di sajikan

NOTE : Saat mengukus, tutup kukusan harus sering di buka tutup, tujuannya agar kue pare tidak mengembang dan melebar. Setiap 5 menit buka tutup kukusan terus tutup lagi. Kukus hingga kue pare matang ±25-30 menit. Setelah matang, oles kue pare dengan minyak sayur, agar kue tidak lengket dan biar kinclong.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share