Cara Membuat Sala Lauak Khas Pariaman Sumatera Barat

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari pariaman yang satu ini mempunyai rasa yang aduhai seperti orang yang sedang di mabuk asmara. nama kuliner ini yaitu sala lauak. sala lauak merupakan camilan bukan makanan berat yang mengenyangkan. jika di jawa barat, makanan ini mirip seperti cimol yang mempunyai bentuk yang bulat seperti bola pingpong. sala lauak terbuat dari tepung yang di campur dengan suwiran ikan serta rempah yang di bentuk bulat lalu di goreng matang menjadi berwarna kecoklatan. makanan ini biasanya di sajikan menggunakan sambal cair atau saus pedas agar cita rasanya menjadi lebih mantap. anda juga bisa membuatnya di rumah, di bawah ini kami sediakan resep sala lauak yang super nikmat. simak yuk resepnya

Resep sala lauak khas pariaman
Bahan-bahan:
-500 gram tepung beras
-50 gram ikan teri/bisa diganti sama ikan asin,
-2 sendok makan cabe giling
-4 gelas air putih
-6 siung bawang putih
-6 siung bawang merah
-kunyit bulat tua secukupnya
-jahe bulat secukupnya
-lengkuas bulat secukupnya
-1 batang daun bawang
-4 lembar daun kunyit
-1/2 sdm garam
-vetsin/penyedap rasa

cara mudah membuat sala lauak khas pariaman:
-Giling bawang merah,bawang putih,kunyit,jahe,lengkuas dan ikan teri.
-Iris halus daun bawang dan kunyit secara terpisah.
-Sangrai tepung beras dalam wajan kurleb 10 s/d 15 menit,setelah disangrai sisihkan.
-Kemudian panaskan 4 gelas air hingga mendidih,tambahkan bumbu yang sudah di giling tadi,lalu tambahkan cabe giling,setelah mendidih tambahkan daun bawang dan daun kunyit.masak hingga mendidih,kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa.
-masukkan semua air yang di rebus tadi ke dalam tepung yang telah di sangrai,sambil di aduk rata.ulenin trus adonannya sampai merata selagi panas.
-Bentuk bulat adonannya,kemudian masukkan ke dalam minyak yang sudah di panaskan,usahakn minyak banyak,agar adonan tadi bisa terendam rata.masak hingga berwarna keemasan.
-sala lauak siap di hidangkan,lebih enak di makan selagi hangat.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share