Cara Mudah Membuat Rendang Daging Sapi Khas Padang ala Rumahan yang Istimewa

Kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari padang sumatera barat yang satu ini pasti banyak yang tahu namun tidak banyak orang tahu cara membuatnya dan di nobatkan sebgai salah satu makanan terlezat di dunia yaitu Rendang. rendang mempunyai bahan utama daging sapi dan mempunyai santan yang kental sehingga banyak masyarakat indonesia bahkan luar negri yang menyukai rendang kuliner khas padang indonesia ini. makanan di sukai karena rasa bumbunya yang gurih  dan khas. menurut sejarah, jaman dahulu banyak masyrakat minang suka merantau untuk berdagang yang di perjalanan membuatuhkan waktu yang banyak sehingga mereka membuat makanan yang tahan lama dan tidak mudah basi dan akhirnya terciptalah rendang ini. cara membuat rendang juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. untuk resep anda tenang saja, di bawah ini sudah kami sediakan resepnya.

Resep rendang khas padang ala rumahan yang istimewa
Bahan-bahan:
-1 kg daging sapi
-400 ml santan kental
-600 ml santan cair

Bumbu halus basah:
-200 gr Cabai merah
-12 siung Bawang merah
-8 siung Bawang putih
-6 cm Lengkuas (optional)
-1 ruas Jahe
-4 butir Kemiri

Bumbu Halus Kering Sangrai :
-1/2 sdm Ketumbar
-3 butir Kapulaga
-1/2 biji Pala
-1/2 sdt Jintan
-5cm Kayu manis

Bumbu Daun :
-Bunga lawang
-2 lembar Salam
-2 batang Serai
-2 lembar Daun kunyit
-3 lembar Daun jeruk
-secukupnya Garam
-secukupnya Minyak

cara membuat rendang khas padang ala rumahan yang istimewa:
-Iris daging sesuai selera.
-Haluskan bumbu basah : cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kemiri haluskan dengan blender tambah minyak (bisa beli jadi di pasar/tukang sayur tambah bawang merah dan putih serta lengkuas)
-Sangrai bumbu halus kering : ketumbar, jintan, kapulaga, pala, kayu manis. Sangrai agak hitam atau wangi lalu blender / ulek
-Tuang minyak untuk menumis secukupnya. Masukkan bumbu basah tumis hingga harum lalu masukkan bumbu halus kering dan bumbu daun sampai berminyak.
-Jika bumbu sudah matang dan berminyak. Masukkan daging serta santan kental. Aduk rata hingga mendidih dan agak surut airnya. Tambahkan garam.
-Jika sudah setengah surut dan berminyak dari santan keluar. Tuang santan cair. Aduk rata dan kecilkan api. Sesekali di aduk sampai benar-benar menyusut dan empuk. Koreksi rasa asinnya. Rendang siap dihidangkan
-Jika di padang saat mau menyusut ditambah kelapa yg sudah disangrai sampai berwarna cokelat.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share