Resep Dodol Perenggi Khas Curup Lebong Bengkulu yang Legit dan Tahan Lama

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari propinsi bengkulu khususnya curup lebong hampir mirip dengan daerah lainnya akan tetapi berbeda yaitu dodol perenggi. dodol perenggi di sebut juga dengan waluh. dodol ini mempunyai bahan dasar dari tepung beras dan tepung ketan yang membuat dodol ini berbeda dengan dodol lainnya yang pastinya sama-sama nikmat. untuk harga sendiri terbilang sangat murah, hanya 30 ribuan saja anda bisa menikmati sajian istimewa ini. jika anda ingin membelinya, silahkan anda datang ke toko oleh oleh dekat kampus STAIN Curup. Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, anda juga bisa. tidak perlu dengan tenaga banyak orang, cukup satu orang pun bisa membuat dodol ini. untuk resepnya anda jangan khawatir, di bawah ini sudah kami sediakan cara membuat dodol perenggi / waluh yang bisa tahan lama. simak yuk resepnya

Resep Dodol Perenggi Khas Curup Lebong Bengkulu yang Legit
Bahan-bahan:
-1 kg tepung beras (disangrai sampai agak kering)
-1/2 kg tepung pulut (disangrai sampai agak kering)
-3 kg gula pasir
-13,5 kg perenggi matang
-4 bt kelapa diambil santan kentalnya
-2 Bungkus agar-agar bubuk

cara Membuat Dodol Perenggi Khas Curup Lebong Bengkulu yang Legit:
-Perenggi direbus sampai lembut, jangan hancur,angkat haluskan.
-Semua bahan jadikan satu,lalu di di kacau terus(perlu tenaga 2 orang) sapai masak(Bulat seperti kelapa)+-3,5Jam dengan api kecil.
-Lalu angkat, masukan dalam kantong Plastik putih kap 2 kg, Bulatkan memanjang lalu simpan,bila mau disajikan baru di potong-potong.
-Kalau mau tahan lama bisa di jemur sampai agak kering. 

baca juga : cara membuat sirup kalamansi yang penuh manfaat

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share