Resep Kue Jalo Khas Kampar Riau Enak dan Sederhana

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari kampar riau yang membuat selera makan anda lebih greget lagi adalah kue jalo. kue jalo tersebar sampai bengkalis, siak, rokan ilir, rokan hulu. yang membedakannya adalah kue jalo dari kampar memakai sarikayo sebagai bahan pelengkap. srikayo sendiri mirip seperti kolak, sedangkan pelengkap kue jalo dari daerah lainnya seperti bengkalis, siak, rokan hulu dan rokan hilir memakai kari daging. kue jalo terbuat dari tepung terigu yang di buat seperti jalo atau jala. untuk membuatnya juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. di bawah ini sudah kami sajikan uraian resep kue jalo / jala khas kampar beserta cara membuat sarikayo / srikaya

Resep Kue jalo (kue jala)
Bahan :
-5 ons Tepung Terigu
-1st Garam
-Air secukupnya
-Minyak goreng
 
Cara membuat kue jalo :
campur semua bahan lalu masukkan air secukupnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair, kemudian di mixer agar semua adonan tercampur dengan rata lalu masukkan ke dalam adonan dan tuang ke dalam teflon yang  sudah berisi sedikit minyak, guna minyak disini agar adonan tidak lengket. Kemudian bentuklah atau lipat adonan yang sudah jadi tadi hingga menjadi kue jala.
 
Resep sarikaya
Bahan:
-Santan
-Gula merah
-buah  pala (bumbu halus)
-kulit manis (bumbu halus)
-tepung
 
Cara membuat Sarikaya:
Santan diaduk hingga merata, bumbu halus,gula merah dan tepung hingga mendidih dan mngental. Jika sudah mengental maka angkatlah sarikaya dan dinginkan yang sudah jadi tersebut. 

baca juga : cara membuat kue palito daun yang bikin nagih

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share