Resep Mudah Membuat Kue Satu Kacang Hijau Khas Bengkulu yang Renyah

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari bengkulu ini hampir mirip dengan daerah lain di indonesia, biasanya kuliner ini di sajikan pada lebaran idul fitri. kuliner ini mempunyai rasa yang manis dan gurih, nama kuliner ini adalah kue satu. kue satu dari bengkulu ini mempunyai bahan dasar dari kacang hijau yang kemudian di campur dengan gula, air dan juga vanili. untuk menambahkan rasa nikmat bisa di tambahkan susu kental manis. untuk proses awalnya, kacang hijau di rendam terlebih dahulu agar kulitnya mengelupas dan kemudian di blender agak halus. kemudian kacang hijau yang sudah di blender tadi di campurkan dengan bahan-bahan lainnya dan masukkan dalam cetakan. untuk proses pemanggangan seperti membuat kue pada umumnya yaitu dengan cara di oven manual maupun dengan listrik untuk memperoleh matang yang sempurna. untuk menambah rasa nikmat, kue ini bisa di santap dengan teh hangat, kopi dan lain sebagainya. apalagi kue ini di sajika pada waktu santai bersama keluarga tercinta. anda juga bisa membuat kue satu ini, caranya sangat mudah untuk di ikuti meskipun anda seorang pemula sekalipun. untuk resep, di bawah ini sudah kami sajikan. selamat mencoba

resep kue satu kacang hijau khas bengkulu 
Bahan-bahan:
-400 gram kacang hijau kupas, siap pakai
-275 gram gula pasir
-2 sdm vanila cair
-1/2 sdt garam
-80 ml susu kental manis + 12 sdm air, aduk rata

cara membuat kue satu kacang hijau khas bengkulu:
-Sangrai kacang hijau kupas kira-kira 10 sampai 15 menit. Gunakan api kecil, aduk-aduk dan aduk balik supaya tidak gosong. Angkat. Dinginkan.
-Haluskan/blender kacang hijau yang sudah di sangrai juga gula pasir hingga seperti tepung. Saring supaya dipastikan halus. apabila ada yang masih kasar, haluskan lagi.
-Campur tepung kacang hijau dengan gula, garam dan vanili cair aduk rata. Bagi adonan jadi 3 atau 4 bagian dalam wadah terpisah. Kemudian dalam wadah kecil campur skm dan air, aduk rata (tidak perlu digunakan semua tapi secukupnya).
-Ambil 1 bagian adonan tambahkan 2 skm cair, aduk rata lalu remas-remas pakai tangan sampai adonan agak lembab sehingga mudah untuk di cetak. Kalau kurang lembab sedikit skm cair lagi tapi jangan terlalu lembek. Tes rasa jika kurang manis bisa tambah gula. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan saat akan dicetak.
-Masukkan adonan ke dalam cetakan kue satu lalu tekan-tekan hingga padat, supaya bentuknya mulus. Balikan cetakan, keluarkan perlahan satu persatu. Susun diatas loyang.
-Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 10 sampai 15 menit supaya set tidak mudah hancur. Angkat, biarkan sebentar. Lalu Pindahkan ke rak kawat.
-Setelah dingin masukkan ke toples. Sajikan.

baca juga : cara mudah membuat kurma dari bengkulu

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share