Resep Manisan Terong Khas Bengkulu yang Menggiurkan


kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari bengkulu yang satu ini mungkin agak terdengar asing karena terbuat dari sayuran, dan biasanya makanan ini terbuat dari buah. nama makanan khas bengkulu ini adalah manisan terong. manisan terong khas bengkulu ini sangat di gemari masyarakat bengkulu, manisan ini mempunyai bahan dasar dari terong. biasanya, manisan ini juga di sebut sebagai kurma bengkulu karena mempunyai cita rasa, bentuk serta teksturnya mirip dengan kurma. manisan ini terbuat dari terong muda yang di campur dengan gula pasir serta kapur sirih. proses pembuatan manisan ini terbilang cukup lama karena melalui proses penjemuran antara 3 sampai 5 hari. untuk mempersingkat waktu pengeringan, bisa juga menggunakan oven. untuk memperoleh tekstur yang kenyal, terong harus di rendam dengan air kapur sirih. apakah anda penasaran untuk mencoba membuatnya? untuk resepnya sudah kami sediakan di bawah ini jadi anda tidak perlu lagi mencari kemana mana, simak yuk resepnya

Resep membuat manisan terong khas bengkulu yang menggiurkan
Bahan-bahan:
-500 gram terong ungu
-15 Sdm gula pasir
-1 cangkir air bersih
-1/2 sdt asam Citroen (asam sitrat) / seujung kuku/ sedikit saja
-1/2 sdt garam(seujung kuku/sedikit saja)
-5 tetes pewarna merah
-1/4 sdt kapur sirih

cara membuat manisan terong khas bengkulu:
-Siapkan semua bahan
-Tusuk tusuk terong dengan garpu. Lalu potong potong
-Siapkan air secukupnya untuk merendam terong. Dan larutkan 1/4 sdm kapur sirih kedalam air tersebut aduk hingga kapur sirih larut dan tercampur. Kemudian rendam terong selama seharian. Proses perendaman terong berfungsi agar nanti pada saat proses pemasakan terong tidak hancur, dan terong akan bertekstur lembut kenyal.
-Setelah proses perendaman selesai kita cuci terong bersih bersih hingga air cucian terong menjadi jernih.
-Selanjutnya Proses Pembuatan Karamel, kita panaskan wajan / kuali masukan gula pasir/ putih masak dengan api sedang tunggu hingga gula larut jadi karamel.
-Selanjutnya jika gula benar benar sudah jadi karamel, tambahkan air, biarkan sejenak. Jangan khawatir karamel akan sedikit kaget dia akan mengeras terkena air. Lalu kita kembali aduk perlahan sampai karamel mencair kembali.
-Setelah karamel mencair kembali kita tambahkan garam, asam Citroen, dan pewarna.
-Aduk jika garamnya sudah larut baru kita masukan juga terong. Aduk hingga tercampur rata, tunggu hingga airnya mengering.
-Jika sudah mengering, lalu angkat.
-Jika ingin di makan pada saat proses ini sudah bisa. Tapi ini blm jadi, harus di jemur selama tiga hari / lebih cepat dengan di oven. 
-Siapkan oven, panaskan oven. Susun manisan terong ke dalam loyang
-Jika oven sudah panas masukan terong ke dalam oven dengan suhu 150' selama 45 menit.
-Tapi akan lebih enak rasanya jika mengikuti proses penjemuran dari sinar matahari. Dan akan awet hingga 3 sampai 6 bulan. Jika proses penjemurannya kering dan merata.
-Manisan terong siap di sajikan, simpan dalam toples kedap udara agarlebih awet

baca juga ; cara mudah membuat kue bolu koja yang lembut dan tahan lama

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share