Cara Membuat Keripik Nanas khas Riau yang Renyah dan Gurih

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari pelalawan riau yang satu ini agak sedikit asing karena terbuat dari nanas yang biasanya di bikin selai, nama makanan ini yaitu keripik nanas. keripik nanas mempunyai cita rasa yang gurih dan nikmat, cocok sekali di bawa pulang buat oleh oleh. nanas mempunyai mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh manusia terutama vitamin A dan C. banyak sekali olahan dari buah ini seperti dodol nanas, jenang nanas, manisan nanas, selai nanas, keripik nanas serta sari buah nanas. keripik nanas adalah salah satu olahan nanas yang mempunyai banyak penggemar, merupakan makanan sehat berupa makanan ringan yang sudah cukup matang dengan pengolahan yang cukup sederhana, cara ini bisa anda praktekkan meskipun anda pemula. simak yuk cara pengolahan buah nanas

Resep keripik nanas yang ranyah dan gurih
bahan:
-3 buah nanas cukup matang
-asam karbonat
-gula halus

cara membuat keripik nanas yang renyah dan gurih:
-Kupas buah nanas sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
-rendam buah nanas menggunakan air garam.
-iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera dengan tebal setiap irisannya kira-kira sekitar 5 mm.
-dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer untuk hasil yang lebih baik.
-Goreng apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying. 
-Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.

note :
-Jika menggunakan menggoreng secara tradisinal atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahkan meleleh serupa jelly. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas yang sangat tinggi. Selain itu, menggorengnya pun tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
-Kelemehan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi sampai 100 derajat celcius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya keripik nanas akan menjadi gosong.
-Jika menggunakan alat Vacuum Friying atur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celcius pada saat memanaskan irisan buah nanas supaya tidak gosong hasil keripik nanasnya.

baca juga : cara mudah membuat roti canai yang lembut

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share