Resep Kerupuk Atom Ikan Tenggiri khas Pelalawan Riau Terbaru

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari pelalawan riau yang satu ini mempunyai cita rasa yang gurih dan enak, nama kuliner ini adalah kerupuk atom. nama yang unik ini di ambil dari berntuknya bulat lonjong seperti atom. sudah banyak masyarakat yang membuat kerupuk ini, akan tetapi tidak begitu banyak. kerupuk atom ini sangat cocok untuk camilan makanan atau bisa di taburkan ke dalam nasi sebagai pelengkap yang membuat selera anda meningkat. kerupuk ini banyak di jual di pinggir jalan dan bisa di jadikan oleh oleh. anda juga bisa membuatnya di rumah, di bawah ini sudah kami sajikan resep kerupuk atom dari ikan tenggiri yang menggugah selera. simak yuk resepnya 

Resep kerupuk atom ikan tenggiri
Bahan-bahan:
-100 gr daging tenggiri yang dihaluskan
-1 btr telur utuh
-1 btr kuning telur
-10 gr gula pasir
-1/4 sdt garam
-1/2 sdt kaldu jamur/penyedap
-155 gr tepung kanji
-1/2 sdt soda kue

cara membuat kerupuk atom ikan tenggiri:
-Tuang minyak yang banyak dipenggorengan dan sisihkan.kocok lepas telur utuh dan kuning telur lalu sisihkan.
-Campur gula,garam,kaldu jamur/penyedap di wadah, aduk rata. masukkan kocokan telur, aduk hingga tercampur rata. masukkan daging tenggiri, remes dengan tangan hingga menyatu semua, masukkan tepung kanji dan soda kue. masukan sedikut demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. ambil sedikit adonan bentuk panjang sebesar kelingking jari, potong-potong selebar 1cm. masukkan kedalam minyak adem diwajan, lakukan hingga habis. 
-Cara gorengnya hidupkan api kecil, goreng sambil di aduk terus hingga kerupuknya sampai benar-benar matang. cara testnya ambil sebiji, liat rongga didalam. kalau masih berserat berarti belum matang.

Tips dan trik:
-adonan tidak boleh digoreng langsung dengan minyak panas, harus direndam di minyak adem dulu (tekniknya seperti menggoreng curut) jadi sebaiknya memakai 2 wajan untuk mempercepat proses penggorengan.
-bentuk adonan sekecil mungkin. besarnya kelingking jari, potong-potong 1cm. jika terlalu gede nanti lama gorengnya.
-pakai api kecil dan harus diaduk terus
-adonan di atas jadi 3-4x goreng dengan minyak yang banyak.
-haruskan daging tenggiri bisa pakai chopper/food pro, atau pun ditumbuk di cobek.
-selamat mencoba

baca juga : cara mudah membuat pizza khas riau yang enak

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share