Resep Tempoyak Patin Makanan khas Batanghari

kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari batanghari yang satu ini memang mempunyai cita rasa yang lezat dan juga mahal, di bilang mahal karena salah satu bahan yang di gunakan adalah tempoyak yang terbuat dari 100% durian yang sudah matang dan juga terbuat dari ikan patin segar. nama kuliner ini adalah tempoyak patin. tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi dari buah durian yang di simpan selama kurang lebih dari 3 hari (lebih lama lebih baik) yang di campur dengan garam dalam ruangan tertutup serta hampa udara. untuk tampilan tempoyak patin ini mirip dengan pindang, akan tetapi yang membedakan adalah rasa asam dan juga pedas yang sangat nikmat jika di nikmati dengan nasi putih hangat. jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah boleh saja, untuk resep membuat tempoyak durian dan juga cara membuat tempoyak patin sudah kami sajikan di bawah ini jadi anda tidak perlu repot lagi untuk mencari resep di tempat lainnya. simak yuk cara membuat tempoyak patin makanan khas dari batanghari jambi ini yang pastinya nikmat dan gurih.

Cara membuat tempoyak durian
Bahan-bahan:
-2 buah durian, ambil dagingnya
-3 buah cabai merah
-Garam secukupnya

Langkah membuat tempoyak durian:
-Haluskan daging durian hingga lembut. Tambahkan garam, aduk hingga merata. 
-Koreksi rasanya.
-Siapkan stoples atau wadah kedap udara, potong cabai berukuran kecil-kecil.
-Masukkan durian dan potongan cabai ke dalam stoples, tutup rapat.
-Simpan selama tiga hari, buka stoples selama lima menit. Tutup kembali dan simpan lagi selama empat hari.
-Tempoyak sudah siap

Resep membuat tempoyak patin
Bahan Utama : 
-200 kg ikan patin 
-3 sendok besar tempoyak  
-Daun kessum atau daun kemangi 
-1 batang sereh dimemarkan 
-½ gelas air asam jawa 
-Gula secukupnya 1 helai daun kunyit 
-Garam secukupnya 

Bahan bumbu Dihaluskan : 
-2 cabe merah (ukuran besar) 
-10 biji cabe rawit 1 cm kunyit, dipotong-potong 
-1 cm jahe, dipotong-potong 

Cara Membuat tempoyak ikan patin: 
-memotong/ iris daun kunyit. Kemudian sisihkan 
-ulek cabe rawit ditumbuk hingga sedikit lembut, setelah itu tambahkan cabe merah, ditumbuk kembali hingga sedikit halus, setelah itu tambahkan pula kunyit dan jahe, tumbuk kembali hingga semua tercampur dan halus, lalu tambahkan garam agar semua bahan yang ditumbuk mudah hancur dan lembut atau bisa menggunakan blender. 
-bahan yang ditumbuk simpan pada wajah yang sudah disiapkan diatas kompor. Kemudian tempoyak ditumbuk sebentar agar tidak lengket, lalu tambahkan air secukupnya lalu tuang kedalam wajan yang sudah diisi tumbukan bahan tadi lalu aduk-aduk, tambahkan kembali air secukupnya. 
-tambahkan air asam jawa, aduk kembali. 
-Tambahkan serai, kemudian daun kessum atau bisa juga diganti dengan daun kemangi dan juga tambahkan daun kunyit yang sudah dipotong-potong kecil. 
-nyalakan kompor dengan menggunakan api sedang biarkan hingga mendidih. 
-Terakhir masukan ikan patin, lalu tambahkan garam secukupnya, kemudian gula secukupnya, lalu aduk sebentar dan tunggu hingga mendidih. Agar bumbu meresap kedalam ikan patin tersebut, gunakan api kecil lalu diamkan beberapa menit hingga mendidih dan matang. 
-Ikan patin tempoyak siap dihidangkan.

Sumber: https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-masakan-ikan-patin-tempoyak

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share