Cara Mengatasi Suara Klotok Klotok Pada Honda CS1

foto sumber google
kompilasitutorial.com ~ Selamat datang kembali para pengguna setia honda CS1 yang kebanyakan menyebutnya kuda besi ini sebagai Domba Garut. dinamakan domba garut karena bentuk body depan gagah seperti domba garut yaitu lampu depan yang sporty dengan body belakang runcing. namun sayangnya motor ini kurang laku di pasaran karena kurang peminat. katanya harga spart partnya mahal dan sulit untuk di dapatkan padahal hal itu hanya mitos belaka.

saya sendiri juga pengguna setia honda cs1 atau mudahnya di sebut dengan cessy, kurang tahu asal nama cessy itu namun motor ini kencang dan juga irit asal tidak asal betot gasnya. saya sekali ngisi bbm pertalite 22 ribu bisa nempuh jarak kurang lebih 100km bahkan lebih dengan kecepatan sedang antara 60-70 kmj. untuk karbu sendiri saya menggunakan karbu pe 28.  unutk karbu pe 28 sendiri juga tidak asal pasang, jika asal pasang maka akan mengakibatkan bensin jadi boros, kurang bertenaga dan juga bisa brebet tidak jelas padahal karbu baru beli. ini saya alami sendiri dengan membeli karbu pe 28 NSR keihin murah dengan harga 140ribuan. saya memilih karena karbu ini skep sudah kuningan jadi awet daripada skep yang biasa. skep biasa biasanya hard chrome dan rawan untuk lecet / baret.  kenapa saya lebih memilih karbu pe 28 ketimbang dengan karbu aslinya? menurut saya, saya lebih suka karbu pe karena skep bukan vakum, karbu bawaan cessy ini adalah karbu jenis vakum dengan banyak kerumitan yaitu sering vakumnya jebol / retak karena sering terkena bensin sehingga membuat membran cepat rusak. harga karet vakum sendiri orinya lumayan mahal kalau di ganti dengan yang biasa dengan harga 60 ribuan tidak akan bertahan lama. namun tidak di situ saja masalahnya, karbu vakum lama-lama akan kurang kualitasnya tidak seperti baru alias loyo. 

saya cari yang aman saja, ganti dengan karbu sejuta umat yaitu karbu pe 28 karena lubang venturi 28mm sehingga pas di karet filternya. jika menggunakan karbu rx king yaitu dengan lubang venturi 26 maka akan susah terpasang di karet filternya sehingga harus buka filter dan apa yang terjadi jika tanpa filter? bensin akan boros serta biaya servis bengkak karena karbu cepat kotor.  jika anda sedang mencari referensi karbu pe 28, saya sarankan untuk mengukur dengan keuangan anda karena karbu pe dengan harga jutaan juga tidak langsung bisa di pakai karena harus ganti spuyernya dahulu. untuk ukuran spuyernya anda bisa lihat ukurannya di bawah ini 

baca juga : 2 menit jadi ahli karburator PE28

yang saya bahas kali ini bukan mengenai cara setting karbu pe, untuk cara setting sudah kami ulas sebelumnya di atas jadi kita akan membahas hal yang lain yaitu suara klotok klotok pada cessy. hal ini juga sering di alami supra gtr, honda sonic , cbr dll. semuanya hampir sama kendalanya dan caranya juga sama dan pastinya mudah di kerjakan sendiri tanpa harus ke bengkel. 

kenapa saya mengungkapkan demikian? karena saya sudah mengalaminya, cessy merah saya dengan suara seperti paduan suara yang nada yang tidak beraturan sehingga membuat orang enggan untuk mendengarkannya. saya udah ganti rantai keteng / kamprat namun tidak mengubah suara klotok klotok tersebut. setalah saya dengarkan baik-baik suara berasal dari rantai keteng, padahal rantainya baru ganti. saya cek ternyata suaranya berasal dari rantai keteng dan akhirnya saya bongkar tensionernya. setalah saya buka tensionernya ternyata udah kotor, mau di bersihkan malas banget sehingga ganti saja tensioner dengan punya karisma. dan selesai deh suara klotok klotok yang sangat berisik, hanya bermodal 25 ribu untuk beli tensioner motor jadi halus lagi. 

itulah pengalam saya sendiri tentang suara klotok-klotok yang terjadi pada honda cs1 saya, saya juga baru beli bekas dengan harga 4,2 juta pajak pastinya jalan akan tetapi masih banyak PRnya. anda juga bisa melihat cessy saya di bawah ini

cs 1 harga murah


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share