Resep Sambal Salabance Sederhana Bikin Ngiler Khas Merangin

Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang kembali para pecinta kuliner di tanah air. kali ini saya akan membahas tentang sambal. sambal merupakan makanan pendamping nasi yang sekiranya membuat orang ketagihan, meskipun identik dengan rasa yang pedas. sambal lebih nikmat jika di sajikan dengan nasi putih hangat. kita akan membahas sambal tapi bukan sembarang sambal, sambal ini merupakan salah satu makanan khas dari jambi khususnya merangin. nama sambal ini adalah sambal salabance. salabance berasal dari bahasa daerah muara siau, sala/ sia artinya tumis dan bance artinya di hancurkan. kalau di daerah jawa umumnya sambal geprek, namun untuk sambal salabance menggunakan bahan ikan baung. 

sambal salabance juga ada sejarahnya lho, Salabance ini asal mulanya pada zaman dahulu ada salah satu masyarakat Desa Muara Siau dalam satu keluarga memiliki sepuluh orang anak, sedangkan suaminya yang baru pulang dari sungai hanya mendapatkan dua ekor Ikan Baung. Kemudian sang istri berfikir, jika ikan tersebut digoreng maka tidaklah cukup untuk makan mereka. Akhirnya sang istri tersebut berfikir dan mendapatkan ide bagaimana dua ikan tadi di Bance (dihancurkan) saja. Kemudian dia mulai memasak Sambal Salabance, dan akhirnya Sambal Salabance tersebut cukup untuk makan mereka semua. sejak saat itu, cerita tersebut mulai menyebar dari mulut ke mulut hingga sekarang. nah dari cerita tersebut, alangkah baiknya kita melestarikan makanan nusantara yang sudah melegenda agar tidak tergerus jaman. untuk cara membuatnya juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. untuk resepnya bisa anda temukan di bawah ini

Cara membuat salabance khas merangin
Bahan-bahan:
-Ikan baung
-Minyak sayur
-Cabe merah
-Cabe rawit
-Bawang merah
-Tomat
-Bawang kucai
-Garam

Cara Membuat salabance:
-Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan garam dihaluskan.
-Goreng ikan baung yang sudah dibersihkan dan diberi sedikit garam, jangan sampai garing, cukup lembab saja, angkat dan tiriskan.
-Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
-Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang, masukkan ikan baung yang sudah digoreng tadi, sambi terus diaduk.
-Adung sampai matang dan rata, masakan siap untuk dihidangkan 

baca juga : cara membuat air serbuk kawo yang nikmat

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share