Cara Membuat Air Serbuk Kawo / Daun Kopi khas Kerinci yang NIKMAT

foto sumber google
Kompilasitutorial.com
~ selamat berjumpa lagi dengan makanan khas yang berasal dari nusantara khususnya dari daerah kerinci jambi. kali ini kita tidak akan membahas tentang makanan, akan tetapi kita akan membahas mengenai tetnang minuman khas dari daerah kerinci. minuman ini sudah tidak asing lagi anda yang tinggal di daerah sumatra karena minuman ini sudah melegenda dari nenek moyang. minuman dari bahan kopi, akan tetapi yang membedakan bukanlah bahan untuk membuatnya dari kopi akan tetapi dari daun kopi / kawo / kawa. di daerah lain di sumatra biasanya di sebut dengan kawa, kalau di kerinci jambi di sebut dengan kawo. minuman ini biasanya di sajikan dengan wadah yang khas yaitu tempurung kelapa. pastinya wadahnya sudah di bersihkan dan bukan barang yang baru di buat.
Air serbuk kawo ini merupakan minuman yang banyak khasiat bagi kesehatan. jika anda tidak percaya bisa anda buktikan sendiri di rumah. minuman ini juga sangat mudah untuk di buat, karena bahannya sangat mudah untuk di peroleh karena terbuat dari daun kopi. tanaman kopi bisa anda temukan di perkebunan kopi terdekat di daerah anda jadi tidak perlu khawatir untuk menikmati minuman khas ini.
untuk cara membuatnya juga sangat mudah, jika anda kesulitan untuk membuatnya... anda bisa mengikuti resep di bawah ini. pastinya sangat simple dan tidak memakan banyak tenaga untuk membuatnya. so, jangan ragu lagi untuk membuatnya dan menikmati bersama keluarga tercinta anda. minuman ini sangat cocok di sajikan dalam keadaan panas di waktu musim dingin seperti saat ini.

Langkah membuat air serbuk kawo / daun kopi:

 1. ambil lah tunas/dahan muda seperlunya yang dipetik lansung dari pohon kopi,bisa dari berbagai         jenis kopi tetapi yang kebiasaan kami yaitu kopi robusta.

2.  ambillah bilah bambu,yang berguna untuk menjepit tunas-tunas kopi tersebut.

3.  setelah selesai dijepit letakkan pada tempat yang panas tetapi tidak lansung dari panas matahari           biasa nya kami letakkan di loteng ruang dapur.

4. tunggu mengering biasanya membutuhkan waktu sampai satu minggu di loteng.

5. setelah itu turunkan lalu jepitan tunas muda dari kopi itu kita panas kan pada api secara beransur-        ansur hngga merata.

6. selanjutnya nya biarkan dingin sejenak,setelah agak terasa dingin seukuran masih mampu menahan panas yang masih tersisa lalu jepitan tersebut dibuka dan diremas remas dengan tangan hingga    berukuran kecil seukuran kuku ibu jarilah.
7. kemudian masukkan air mendidih kedalam teko/cerek lalu masukkan serbuk kawo yang sudah di remas tadi kedalam teko tutup teko itu biarkan sampai 5 atau 10 menit kopi daun/serbuk kawo siap saji. 

baca juga : cara membuat gulai ikan semah yang bikin kangen

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share