Resep Gulai Ikan Semah khas Kerinci

foto sumber google
Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang dan salam berjumpa lagi nih para pecinta kuliner seantero jagad khususnya dari daerah kerinci jambi bagi yang merantau jauh di sana yang kangen akan masakan khas dari daerahnya. dan bagi yang belum pernah mencicipi kuliner ini sangat di anjurkan untuk segera mencicipi kuliner ini karena kuliner ini sehat juga nendang rasanya.  oke kita lanjut saja nih, bagi penduduk asli daerah kerinci merangin jambi tentunya tidak asing lagi dengan namanya ikan semah. ikan semah biasanya hidup di air dengan aliran yang deras sehingga membuat daging ikan ini semakin mantap. daging ikan semah ini seperti tulang ayam kalau di kunyah terasa mak kriyuk akan tetapi kriyuk bukan kerupuk maupun tepung krispi.  untuk mendapatkan ikan ini juga cukup mudah, cukup beli saja di pasar. untuk daerah kerinci biasanya ikan ini di buat menjadi gulai. yup betul gulai seperti daerah lainnya untuk cara membuatnya, yang membedakan hanya ikan semah ini. jadi jangan anda lewatkan ketika anda ke daerah kerinci untuk mencicipi kuliner ini. jika di daerah anda juga terdapat ikan semah ini, anda juga bisa membuat gulai ikan semah khas kerinci jambi ini. jika anda masih bingung dengan cara memasaknya, anda juga bisa membuatnya karena di bawah ini sudah di sediakan resep / cara membuat gulai ikan semah khas kerinci jambi yang rasanya tiada tanding. oke kita simak saja cara membuat gulai ikan semah khas kerinci di bawah ini

Cara membuat gulai ikan semah khas kerinci
Bahan-bahan :
-1 kg ikan semah
-1 ½ liter santan

Bumbu-bumbu :
-1 lembar daun kunyit
-1 batang serai
-Seikat daun ruku ruku
-Kaldu bubuk
-Garam

Bumbu yang dihaluskan:
-9 buah cabe
-6 bawang merah
-5 cm lengkuas
-3 bawang putih
-3 cm jahe
-2 cm kunyit

Langkah memasak :
-Ikan semah dicuci hingga bersih, lalu potong-potong sesuai selera lalu beri perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa menit. Lalu bilas dan sisihkan.
-Membuat gulai - Siapkan panci, tuang santan, daun kemangi, batang serai, dan bumbu halus. Letakkan di atas kompor menyala. Aduk aduk sampai santan mendidih.
-Mendidih masukkan ikan semah. Aduk lagi sampai santan mendidih dan bumbu mersap ke ikan.
-Masukkan daun ruku ruku. Aduk aduk sampai daun ruku ruku layu. Masukkan garam dan sedikit kaldu instan bubuk.    

 baca juga : Resep soto semurup, soto paling enak di Kerinci

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share