Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Martabak Mesir khas Sarolangun yang Benar

Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang kembali nih dengan resep masakan tradisional yang sudah melegenda. kali ini mimin akan memberikan resep masakan dari kabupaten sarolangun, kemarin kita sudah memberikan resep dari berbagai dari kabupaten di seluruh pulau sumatera. untuk masakan ini tentunya anda sudah mendengar dan merasakannya karena banyak yang menjualnya di pasar. namun anda juga bisa untuk membuatnya sendiri di rumah. nama kuliner ini adalah maratabak mesir. cara membuat martabak sendiri sudah tahu sebelumnya, karena anda pastinya juga pernah membeli martabak ini di sore hari. nah, kali ini mimin akan memberikan nih resep cara membuat martabak mesir khas sarolangun dari cara membuat kulit, isian bahkan kuah. pastinya martabak ini mempunyai cita rasa yang super gurih dan enak, pastinya mudah untuk cara membuatnya. simak yuk cara membuat martabak mesir khas sarolangun ini 

Resep martabak mesir khas sarolangun
Bahan kulit:
-125 gr tepung terigu protein tinggi
-60 ml air
-2 sdm minyak goreng
-1/2 sdt garam
-Minyak untuk merendam adonan
-Minyak untuk menggoreng

Bahan isi:
-300 gr daging sapi giling
-4 butir telur, kocok lepas
-5 batang daun bawang, iris
-1 buah bawang bombay cincang
-2 siung bawang putih, geprek cincang
-Secukupnya garam, merica
-2 sdt bubuk kari

Kuah cuka martabak:
Bahan A (taruh di mangkok)
-1/2 buah wortel, potong dadu
-1/2 buah timun, buang bijinya, potong dadu
-5 bawang merah, iris kasar
-10 cabe rawit biarkan utuh/iris kasar
-1 sdm cuka

Bahan B:
-1 cangkir air
-2 sdm gula merah
-secukupnya Garam

Langkah- langkah:
-Kulit: Dalam baskom, aduk rata bahan kulit. Pindahkan ke meja kerja, uleni selama 10-15 menit, bagi-bagi, bentuk bulat, istirahatkan 5 menit. Pindah ke mangkok, tuang minyak goreng hingga terendam. Istirahatkan 30 menit.
-Isi: tumis bawang Bombay hingga layu masukkan bawang putih hingga harum, masukkan daging dan bubuk kari, aduk-aduk, bubuhi garam, merica. Masak hingga daging matang. Biarkan sedikit asin karrna nanti akan dicampur telur. Kocok lepas telur, masukkan tumisan daging dan daun bawang, bagi juga 2 wadah.
-Penyelesaian : ambil sebuah adonan kulit, pipihkan hingga melebar dan tipis ditekan pelan drngan jari tangan, jangan sampai robek. Masukkan bahan isi, lipat kanan kirinya seperti amplop. Goreng dalam minyak panas hingga kedua sisinya matang. Angkat, tiriskan. (Saat akan memasukkan ke wajan penggorengan angkat martabak yang sudah diisi perlahan). Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
-Kuah cuka: rebus bahan B hingga mendidih dan gula larut, langsung tuang ke dalam mangkuk berisi bahan A, biarkan meresap 1jam. Sajikan martabak dengan kuah cuka 

baca juga : cara membuat kue putri gandis yang super lembut

Post a Comment for "Cara Membuat Martabak Mesir khas Sarolangun yang Benar"

close
iklan-->