Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Gulai Ikan Patin khas Sarolangun Jambi yang Lezat | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com ~  Selamat datang kembali para pecinta kuliner di manapun anda berada. dalam kesempatan ini kami akan memberikan resep makanan khas dari daerah sarolangun Jambi. makanan ini berupa olahan ikan yang pastinya akan membuat perut anda keroncongan, ikan yang di pakai kali ini adalah ikan patin. cara mengolah ikan patin kali ini adalah dengan cara membuatnya dengan di buat gulai lebih tepatnya gulai ikan patin. gulai ikan patin ini merupakan maskan yang sudah terkenal di masyarakat sarolangun dan sekitarnya. biasanya gulai ikan patin ini di masak dengan tempoyak ( fermentasi durian ). jika anda tidak suka dengan tempoyak, pilihan terakhir adalah tanpa tempoyak karena sebagian orang tidak suka dengan bau menyengat durian. seperti biasanya, bumbu dan bahan yang di pakai dalam pembuatan gulai ikan patin ini adalah cabe merah, lengkuas yang biasanya orang tertipu karena mirip dengan daging, serai, kunyit yang memberikan warna kuning pada gulai, serta bawang merah dan bawang putih. untuk cara membuat gulai ikan patin cukup mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, untuk resep dan bahannya sudha kami sediakan di bawah ini. simak yuk cara membuat gulai ikan patin khas sarolangun yang lezat, cekidot

Bahan-bahan:
-Ikan patin 2 ekor, potong-potong
-Daun salam 2 lembar
-Serai 2 cm, geprek
-Garam dapur 1 ½ sdt
-Gula pasir 1 sdt
-Santan kelapa encer 500 cc
-Santan kelapa kental 200 cc
-Minyak sayur 3 sdm
-Bumbu yang dihaluskan
-Bawang merah 8 pcs
-Bawang putih 5 pcs
-Kunyit 3 cm, bakar
-Kemiri 4 pcs, sangrai
-Merica ½ sdt
-Jahe 2 cm

Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Patin
-Seperti biasa, sebelum mengolah ikan patin menjadi masakan sedap kita harus membersihkannnya terlebih dahulu dari kotoran dalam perutnya juga sisik pada bagian kulit luarnya kemudian membilasnya dengan air mengalir. Jangan lupa untuk melumuri ikan yang sudah dibersihkan ini dengan perasan air jeruk nipis dan garam dapur agar bau amis pada ikan menjadi berkurang dan bahkan hilang.
-Berikutnya, haluskan bahan-bahan yang digunakan untuk bumbu masakan lalu masak dengan secukupnya minyak panas hingga beraroma sedap. Tambahkan juga masakan bumbu halus ini dengan gula pasir, garam dapur dan santan kelapa encer. Aduk merata dan biarkan matang.
-Setelah masakan campuran bumbu halus dan santan matang, kemudian masukkan ke dalamnya ikan patin yang sudah terlumuri garam dan perasan air jeruk nipis tadi. Aduk merata agar bumbu meresap ke dalam daging ikan patin dan biarkan matang. Setelah beberapa saat, kemudian tuangkan santan kelapa kental ke dalam masakan, aduk merata dan biarkan matang sempurna. Angkat lalu sajikan dalam wadah saji.

baca juga : resep kue padamaran yang legit dan mudah di buat

Post a Comment for "Cara Membuat Gulai Ikan Patin khas Sarolangun Jambi yang Lezat | Kompilasitutorial.com "

close
iklan-->