Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kue Padamaran khas Sarolangun yang Mudah dibuat

Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang kembali di website kami yang menyuguhkan berbagai macam resep masakan nusantara, minuman khas, dan trik serta tips yang pastinya selalu update. kali ini kami akan memberikan resep cara membuat makanan khas dari kabupaten sarolangun jambi yang pastinya anda sudah tahu. makanan khas yang kami maksud adalah kue padamaran. kue padamaran mirip seperti kue talam yang mempunyai wadah daun pisang yang di bentuk di namakan sebagai takir. untuk mempermudah pembentukan, daun pisang ini di layukan terlebih dahulu. kue padamaran ini terbuat dari tepung beras dengan pewarna makanan terbuat dari daun suji sehingga tidak mengandung pewarna buatan. kue ini mempunyai cita rasa yang sungguh legit dan nikmat. anda penasara ingin mencobanya? cara membuatnya juga sangat mudah, untuk bahan juga sangat mudah di dapatkan jadi anda tinggal eksekusi. kue padamaran ini sangat cocok di sajikan untuk keluarga anda, untuk resepnya sudah kami sajikan di bawah ini. simak yuk cara membuat kue padamaran khas sarolangun yang nikmat dan legit ini.  

Resep kue Padamaran
Bahan-bahan:
-150 gr tepung beras
-450 ml santan encer
-75 ml santan kental
-75 gr gula merah, sisir halus
-50 ml air perasan daun suji/pandan (sekitar 25lembar daun suji)
-1 sdt pasta pandan good quality
-1/4 sdt garam halus
-beberapa lembar daun pisang, layukan dg cara dipanaskan di api

cara membuat kue padamaran:
-Pertama bikin alas pisang/takir, Sisihkan. Jangan lupa juga panaskan kukusan.
-Campur tepung, santan encer, garam di panci lalu masak di atas api kecil saja, sambil terus diaduk aduk, sampai tepung larut
-Masih di atas api, masukkan campuran air suji dan pasta pandan ke dalam santan. Sambil terus diaduk.
-Masak dan aduk terus hingga muncul gelembung di tepi panci dan adonan meletup letup, jangan sampai terlalu kental. Matikan api, dinginkan.
-tuang sisiran gula merah ke dalam wadah takir yang sudah dibuat tadi
-Tuang adonan sekitar 2 sdm ke dalam takir, lalu tabur gula merah, lalu tuang lagi adonan 2 sdm, lakukan ke semua wadah takir, diakhiri dengan adonan di atas 
-Kukus dengan api sedang, sekitar 5 menit, lalu tuang santan kental 1 sdm ke dalam masing-masing wadah takir adonan tadi.
-Kukus lagi api sedang sampai matang, sekitar 10 menit, hingga adonan terlihat mengental kayak bubur. 

baca juga : resep praktis martabak mesir yang simple dan enak

Post a Comment for "Cara Membuat Kue Padamaran khas Sarolangun yang Mudah dibuat"

close
iklan-->