Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Opor Ayam Kampung | Cara Membuat Opor Ayam Kampung yang Super Gurih Nikmat | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Berbicara mengenai hari raya idul fitri pasti tidak ada yang namanya perasaan sedih di karenakan pada hari raya tersebut sanak family sedang berkumpul untuk merayakan hari raya bersama. biasanya di hari raya sanak saudara berkumpul jadi satu dan momen tersebut hanya berlangsung beberapa hari dan setelah itu kembali ke rutinitas masing-masing seperti merantau ke ibukota bahkan luar negri sekalipun. kebersamaan inilah yang di tunggu ketika waktu hari raya dan biasanya di sediakan berbagai macam masakan yang pastinya menu khas hari raya seperti ketupat. ketupat ini merupakan makanan khas yang menjadi menu wajib ketika hari raya idul fitri. tanpa adanya ketupat, suasana berkumpul dengan keluarga menjadi kurang seru. untuk menjadikan ketupat sebagai menu wajib, ketupat ini paling serasi jika di padukan dengan sayur. sayur ini biasanya terbuat dari santan serta daging. biasanya waktu hari raya menu bersantan ini mempunyai cita rasa yang gurih, menu ini di sebut dengan opor. daging yang di gunakan membuat opor biasanya menggunakan daging ayam. daging ayam yang di gunakan adalah ayam kampung karena mempunyai tekstur daging yang super nikmat dan khas. jika menggunakan ayam daging kurang nikmat karena mungkin tekstur terlalu lembek. menjelang hari raya jangan kaget harga ayam kampung melonjak di karenakan banyak orang yang berburu ayam kampung sebagai menu pendamping ketupat. untuk membuat opor ayam kampung yang gurih juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya juga meskipun anda seorang pemula sekalipun. untuk membuat opor ayam kampung bisa anda simak resepnya di bawah ini. simak yuk cara membuat opor ayam kampung yang super gurih nikmat di bawah ini

Opor Ayam Kampung
Bahan :
-1 ekor ayam kampung, potong, cuci bersih
-3 lembar salam
-2 lembar daun jeruk
-2 batang sereh, simpulkan
-2 cm lengkuas
-2 sdt garam
-1 sdt gula pasir
-1 sdt kaldu ayam bubuk
-1 liter santan encer
-200 ml santan kental
-3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
-9 butir bawang merah
-7 siung bawang putih
-7 butir kemiri
-2 cm jahe
-3 cm kunyit, bakar
-1 cm kencur
-1/2 sdt merica butiran

Cara Memasak :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam kampung, aduk rata, masak sampai berubah warna
2. Masukkan santan encer, tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, masak sampai ayam empuk. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Tambahkan air jika perlu.
3. Masukkan santan kental, masak sampai mendidih dan kental. Sajikan

Post a Comment for "Resep Opor Ayam Kampung | Cara Membuat Opor Ayam Kampung yang Super Gurih Nikmat | Kompilasitutorial.com"

close