Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Dodol Kentang | Cara Membuat Dodol Kentang khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com ~
Jika anda sedang berada di sungai penuh maupun kerinci jangan lupa menikmati makanan khas yang satu ini yaitu dodol kentang. dodol kentang terbuat dari kentang granola, dodol ketang ini mempunyai tekstur yang lembut serta tidak lengket untuk di pegang. jika anda bertanya kepada masyarakat untuk membawa oleh-oleh khas sana, masyarakat pasti akan merekomendasikan dodol kentang ini. 

Penjual dodol kentang ini bisa anda temukan di sepanjang jalan lintas sungai penuh padang di karenakan para ibu rumah tangga desa lubuk nagodang sudah lama membuat dodol kentang dan menjualnya sebagai oleh-oleh. mereka membuat dodol kentang ini untuk mengisi waktu luang sebagai makanan khas sungai penuh.

Penduduk setempat di ajari cara membuat dodol kentang oleh dinas perindustrian pada tahun 1998. sejak itu para warga fokus unutk mengembangkan keahlian mereka dalam membuat dodol kentang untuk menambah pendapatan. dodol kentang ini menjadi populer setelah di adakannya festival danau kerinci pada tahun 2000an sehingga menjadikan dodol kentang menjadi incaran para wisatawan.

Untuk varian rasa, dodol kentang sekarang mempunyai varian rasa coklat, stroberi, durian, pandan, nanas dan untuk rasa original kurang di minati di karenakan cita rasanya kurang menarik. untuk mendapatkan kentang sebagai bahan utama membuat dodol kentang, masyarakat mendapatkannya dari perkebunan setempat, membelinya di pasar atau membelinya lewat pemasok.

untuk cara membuat dodol kentang juga sangat mudah, untuk cara membuatnya kentang di kupas terlebih dahulu dan di bersihkan kemudian di kukus hingga matang. kentang di giling sampai halus dan di beri tambahan tepung ketan, vanili, garam, gula serta perasa makanan. adonan tadi yang telah di buat di campurkan dengan santan, di aduk hingga rata lalu di masak. setelah adonan mengental, dodol di angkat dari tungku dan di tuangkan kedalam cetakan. sebelum di kemas, dodol di keringkan dengan cara di jemur selama 2-3 hari.

untuk harga sebungkus dodol kentang sangat murah yaitu di banderol dengan harga sebungkus isi 10 di beri harga kurang lebih 3 ribu rupiah saja. selain menjual dodol kentang, masyarakat juga menjual sirup kayu manis. jika anda sedang berkeliling anda jangan heran jika menemukan banyak tumpukan kayu manis di depan rumah di karenakan kayu manis tersebut sebagai bahan baku untuk membuat sirup kayu manis.

nah itu tadi cara membuat dodol kentang yang super nikmat sebagai makanan khas yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. kini anda bisa membuatnya di rumah tanpa harus pergi dahulu ke kerinci maupun sungai penuh. silahkan untuk di share, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Post a Comment for "Resep Dodol Kentang | Cara Membuat Dodol Kentang khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com "

close