Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ketan Durian | Cara Membuat Ketan Durian khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Jika anda sedang berada di sungai penuh tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini, kuliner akan membuat anda selalu ingin pergi ke sungai penuh di karenakan makanan ini akan membuat anda ketagihan. kuliner ini mempunyai bahan dasar yang berupa buah durian. buah durian yang katanya makanan orang kaya di karenakan harganya yang sangat mahal untuk satu durian, namun berbanding terbalik jika di pulau sumatera. harga durian relatif murah di karenakan banyak orang yang mempunyai kebun pohon durian. 

namun banyak orang yang tidak suka dengan buah durian ini, di karenakan bau durian yang sangat menyengat. namun beberapa orang yang tidak suka dengan buah durian ini ketika di makan langsung, ada beberapa orang mengakalinya jika ingin menikmati buah durian ini yaitu di buat fermentasi buah durian yang biasanya di sebut dengan tempoyak. untuk resep membuat tempoyak sudah kami ulas sebelumnya, jadi anda tidak perlu lagi mencari resep membuat tempoyak lagi. 

Ketan durian mempunyai cita rasa yang sangat enak di karenakan beras ketan yang di gunakan sangat di jamin kualitasnya. Selain itu juga, cara membuat ketan durian yang di masak dengan cara yang unik akan membuat ketan ini terasa gurih serta manis duriannya sangat pas.

Sebelum anda membuat ketan durian ini alangkah baiknya anda harus memilih buah durian yang tepat di karenakan akan mempengaruhi cita rasa dan kelengketan dari ketan durian tersebut. untuk cara membuat ketan durian bisa anda simak di bawah ini

Resep Ketan Durian
Bahan:
-250 gram beras ketan putih
-200 ml santan
-1/2 sdt garam
-1 lembar daun pandan

Vla durian:
-300 gram daging durian, tanpa biji, haluskan dengan sendok
-60 gram Gula pasir (sesuaikan selera)
-1/8 sdt garam
-300 ml Santan
-1 sdm Maizena, larutkan dengan sedikit santan

Cara Membuat:
-Rendam beras ketan selama 2-3 jam, tiriskan lalu kukus selama 30 menit
-Didihkan santan beserta garam dan daun pandan
-Masukkan beras ketan yang sudah di kukus ke dalam santan mendidih. Aduk rata. Diamkan beberapa saat sampai set
-Kukus selama 30 menit atau sampai matang. Angkat. 
-Sisihkan

Buat vla durian: 
-campur santan, garam, gula maizena dan masak sampai meletup letup. 
-Masukkan daging durian aduk rata.
-Angkat

Penyajian :
-Siapkan piring Ambil secukupnya ketan kukus lalu siram dengan vla durian

nah itu tadi adalah resep membuat ketan durian yang sangat lumer dan mempunyai cita rasa yang super nagih. kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk di sajikan untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share.


Post a Comment for "Resep Ketan Durian | Cara Membuat Ketan Durian khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com"

close